Ahad 01 Sep 2019 08:01 WIB

Fitur 'Top Charts' Joox Mudahkan Pengguna Petakan Musik

Top Charts menjadi tolak ukur lagu-lagu yang sedang digemari penikmat musik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
JOOX.
Foto: Dok: JOOX
JOOX.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi streaming musik JOOX terus mengembangkan fitur "Top Charts". Ftur yang didasarkan pada perilaku pengguna JOOX saat mendengarkan lagu itu memudahkan pengguna mengetahui dan memetakan tren musik dan kesukaan pendengar Indonesia.

"Dengan jangkauan JOOX yang luas di Indonesia, berada di fitur Top Charts menjadi tolok ukur bagi para musisi untuk melihat apakah lagu tersebut sedang digemari di Indonesia," ujar Head of JOOX Indonesia, Peter May, pada rilis pers yang diterima Republika, Ahad (1/9).

Baca Juga

Berdasarkan analisis JOOX, pengguna Indonesia memiliki beragam selera musik. Dengan Top Charts, pengguna akan lebih mudah mengetahui lagu yang banyak diminati sekaligus membantu musisi mendapatkan lebih banyak eksposur sehingga lagunya sering diakses.

Peter menyampaikan, JOOX Top Charts memberikan porsi yang sama untuk musisi lokal dan internasional pada satu periode. JOOX melakukan pembaruan Top Chart setiap Kamis dengan mempertimbangkan tren sepekan sebelumnya, serta pembaruan lagu setiap Jumat.

JOOX Top Charts sangat dinamis, mengikuti lagu yang paling sering didengar oleh pecinta musik di Indonesia. Karena itu, banyak lagu silih berganti di deretan tangga lagu, meski tetap ada pula tembang populer yang dapat mempertahankan tempatnya di Top Charts.

Musisi Indonesia seperti Andmesh dan Stephanie Poetri termasuk yang memiliki popularitas tinggi di JOOX Top Chart 100. Mereka bersaing dengan artis internasional papan atas seperti Sam Smith, Ed Sheeran, Taylor Swift, juga Zayn Malik dan Zhavia Ward.

Top Charts pun sangat membantu musisi dalam mempromosikan musik mereka dengan fitur "share" atau "peer-to-peer". Menggunakan fitur itu membuat para musisi dapat memberikan informasi dan lagu terbaru bagi penggemar mereka di JOOX.

Mempertimbangkan banyaknya pengguna di Indonesia, JOOX berkomitmen untuk terus mengembangkan Top Charts. Dalam waktu dekat, platform yang menyediakan layanan daftar putar favorit itu juga akan menambahkan tangga lagu dangdut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement