Selasa 27 Aug 2019 13:05 WIB

Hindari Bersihkan Layar Ponsel Pakai Ini

Salah menggunakan pembersih bisa membuat layar ponsel tergores atau tambah kotor.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Layar ponsel Abu / Ilustrasi
Foto: Dailymail
Layar ponsel Abu / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layar ponsel adalah magnet untuk noda dan kotoran. Dalam kondisi berminyak, mungkin Anda akan mengusapkannya pada celana jins atau ujung kaos. Namun, tindakan itu tidak tepat dan tak akan membuat layar ponsel benar-benar bersih.

Pembersihan terbaik tidak sulit. Pun hanya dikenakan biaya beberapa dolar AS saja. Dilansir di Cnet.com, Selasa (27/8), berikut sejumlah produk yang harus dihindari, serta cara terbaik membersihkan noda sidik jari, pasir, dan serat di layar ponsel.

Baca Juga

 

Berikut sejumlah hal yang tidak boleh Anda gunakan untuk membersihkan ponsel:

1. Pembersih Jendela

Anda membersihkan cermin dan jendela dengan pembersih jendela. Namun, salah jika menggunakannya pada ponsel anda. Beberapa ponsel baru, seperti  iPhone XR memiliki lapisan pelindung tahan air dan minyak yang dapat aus seiring waktu. Menggunakan pembersih keras dapat menghilangkan lapisan dan membuat ponsel Anda rentan terhadap goresan. Seorang profesor ilmu dan teknik material di MIT, James LeBeau menjelaskan pembersih dengan bahan abrasif, kemungkinan akan menggores permukaan, jadi harus dihindari.

2. Pembersih Dapur

Sifat tahan gores layar tidak akan mudah dihilangkan bahan pembersih, tetapi menghilangkan lapisan pelindung masih menjadi masalah. Itu sebabnya Apple juga menyarankan tidak menggunakan produk pembersih rumah tangga untuk membersihkan iPhone. Bar Keepers Friend menyatakan formula abrasifnya dapat merusak lapisan pelindung.

3. Kertas Tisu

Kertas tisu biasanya digunakan untuk membersihkan meja, tetapi jauhkan dari telepon Anda. Kertasnya bisa rusak, dan membuat kotoran di ponsel Anda jauh lebih buruk. Bahkan, handuk kertas dapat meninggalkan goresan di layar Anda.

4. Spiritus

Pemakaian alkohol gosok dapat menyebabkan ponsel Anda lebih rentan terhadap goresan. Pastikan untuk memeriksa alkohol dalam kandungan produk pada pembersih layar ponsel aman digunakan. Apple mengatakan untuk menghindari alkohol saat membersihkan perangkatnya.

5. Penghapus Riasan

Beberapa penghapus riasan mungkin memiliki bahan kimia yang bisa berdampak buruk pada layar elektronik. LeBeau menyarankan menghindari penghapus riasan, sebaliknya menggunakan kain lembut dengan sedikit air.

6. Sabun Cuci Piring dan Sabun Tangan

Meskipun sabun cuci piring dan tangan Anda lembut, satu-satunya cara untuk menggunakannya adalah menggabungkannya dengan air. Namun, sebagian besar perusahaan telepon menyarankan untuk menjauhkan telepon genggam dari air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement