Rabu 21 Aug 2019 00:17 WIB

Tips Memilih Power Bank yang Bagus

Sebaiknya pilih power bank yang kapasitas daya baterainya dua kali lipat dari ponsel.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Pexels
Foto: Pexels

Jika rutinitas Anda selalu menggunakan ponsel, otomatis Anda membutuhkan daya untuk mempertahankan ponsel tetap aktif. Di sinilah fungsi power bank hadir sebagai solusi menghindari kehabisan daya baterai. Power bank bersifat portable sehingga mudah dibawa ke mana saja saat Anda tidak bisa menemukan stop kontak untuk mengisi daya.

Berikut tips memilih power bank yang bagus untuk menunjang rutinitas kamu.

Sesuaikan dengan kapasitas baterai ponsel

Yang pertama perlu diperhatikan adalah kapasitas baterai smartphone, kemudian sesuaikan dengan kapasitas daya pada powerbank. Sebaiknya pilih power bank yang kapasitas daya baterainya dua kali lipat dari ponsel.

Misalnya, jika ponsel memiliki kapasitas baterai 2.500 mAh, maka cari power bank yang kira-kira memiliki kapasitas daya sebesar 5.000 mAh. Hal ini agar ponsel dapat terisi kembali secara penuh dan Anda masih memiliki sisa daya untuk digunakan di lain waktu.

Cek nilai arus power bank

Arus daya memiliki peran yang penting dalam penggunaan smartphone. Semakin besar arus daya yang dialirkan, maka semakin cepat pula baterai smartphone akan terisi. Apalagi zaman sekarang banyak sekali gadget yang menghadirkan fitur fast charging.

Oleh karena itu, sebelum membelinya, cek terlebih dahulu nilai arus powerbank, lalu samakan dengan arus daya ponsel. Jika arus yang dibutuhkan 2 ampere, maka pastikan membeli dengan nilai arus yang sama. Hal ini bertujuan agar pengisian baterai oleh power bank dapat berjalan normal. Penyamaan arus tersebut akan mempengaruhi umur baterai, sehingga lebih awet. Anda dapat melihat nilai arus pada kemasan powerbank dan kardus ponsel atau biasanya terdapat pada keterangan kepala charger.

Baca Juga: Tips Melamar Pekerjaan di Startup Bagi Para "Fresh Graduate"

Jangan tertipu dengan harga

Jangan mudah tertipu dengan harga. Ingat selalu, ada harga, ada kualitas. Ketika ditawari power bank berkapasitas besar dengan murah, jangan langsung membelinya.

Bisa jadi barang itu palsu. Logikanya, tidak mungkin kapasitas besar dijual murah. Ada baiknya cek dulu harga pasaran dan kualitas power bank yang Anda butuhkan.

Pilih power bank dengan merek asli dan original

Ada berbagai tipe merek power bank di pasaran. Pastikan memilih powerbank dengan merek yang sudah terpercaya. Seperti Xiaomi, Samsung, Sony, Asus, atau Vivan. Dengan memilih merek yang sudah ternama dan terjamin keasliannya, maka sudah teruji kualitasnya.

Namun, jangan salah. Di luar sana banyak beredar produk palsu dengan merek terkenal. Sekali lagi, jangan mudah tergiur oleh harga yang sangat murah. Secara umum, merek yang sudah ternama harganya akan lebih mahal daripada merek yang masih asing namanya.

Perhatikan fitur keamanan

Tak sedikit orang yang mengabaikan fitur keamanan dalam membeli power bank. Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi mengenai fitur tersebut. Pastikan power bank yang hendak dibeli ada fitur Short Circuit Protection, yaitu sebuah fitur proteksi yang mencegah terjadinya arus pendek atau korsleting, baik pada power bank atau gadget kamu, sehingga akan terhindar dari kerusakan.

Selain itu, penting untuk memiliki fitur Over Charging Protection, yang artinya jika baterai pada perangkat sudah terisi penuh oleh power bank, maka secara otomatis arus listrik yang dialirkan akan terputus dengan sendirinya.

Terakhir akan lebih lengkap dengan adanya fitur Temperature Protection. Tujuannya untuk mendeteksi adanya panas berlebih saat pengisian daya. Jadi, jangan sepelakan fitur yang ada pada power bank ya, agar baterai gadget kamu aman.

Amati garansi produk

Pilihlah power bank dengan jaminan garansi produk yang relatif lama, minimal 6 bulan atau 1 tahun. Pastikan garansi tersebut merupakan garansi resmi, bukan garansi toko atau personal. Banyak produk-produk KW yang ditawarkan dengan harga murah dan memberikan garansi 1 tahun, namun bukan garansi resmi.

Pastikan punya sertifikasi CE dan FCC

Power bank yang baik harus lolos dalam pengujian kualitas. Salah satu ciri power bank berkualitas adalah adanya sertifikasi CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission).

Dengan keberadaan standar tersebut setidaknya dapat menjamin arus dayanya tidak akan merusak smartphone kamu.

Pilih power bank dengan teknologi proteksi

Fitur penting power bank adalah short circuit protection dan over-charging protection. Fitur pertama itu berguna untuk melindungi smartphone kamu dari arus pendek listrik yang ditimbulkan oleh powerbank jika tidak berfungsi dengan baik.

Sementara fitur over charging protection berguna untuk secara otomatis menghentikan pengisian daya begitu smartphone terisi penuh. 

Punya garansi terjamin

Power bank dengan kualitas terbaik biasanya punya garansi langsung dari produsennya. Biasanya ada produsen yang memberi garansi mulai dari 6 bulan hingga 1 tahun.

Sesuaikan budget

Terakhir perhatikan budget. Jika mempunyai budget yang lebih dari cukup, silakan pilih sesuai keinginan. Namun, jika tidak jangan berkecil hati. Masih banyak power bank berkualitas dengan harga terjangkau. 

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya