Kamis 08 Aug 2019 09:26 WIB

7 Tahun, NASA Curiosity Masih Teliti Batuan di Mars

Curiosity telah melakukan perjalanan 21 kilometer di Mars.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Robot The Curiosity Rover melakukan 'foto selfie' di Planet Mars
Foto: digy.com
Robot The Curiosity Rover melakukan 'foto selfie' di Planet Mars

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sudah tujuh tahun sejak wahana Curiosity milik Badan Antariksa AS (NASA) mendarat di Mars. Namun, robot itu masih menangani pertanyaan besar tentang batuan- batuan Planet Merah.

Baru-baru ini, Curiosity difokuskan pada wilayah yang oleh para ilmuwan disebut 'unit bantalan tanah', yang terletak di sisi Mount Sharp, puncak yang terletak di dalam Gale Crater. Seperti namanya, batu di sini penuh dengan tanah liat, yang terbentuk di daerah basah.

Baca Juga

Itulah sebabnya para ilmuwan sangat tertarik dengan batu itu. Mereka percaya analisis Curiosity akan membantu mereka memahami lingkungan di sini miliaran tahun yang lalu, ketika Mars basah dan mungkin lebih layak huni.

"Daerah ini adalah salah satu alasan kami datang ke Gale Crater," kata Kristen Bennett, seorang ilmuwan planet di Survei Geologi AS dan salah satu co-lead untuk kampanye unit tanah liat Curiosity, dilansir di Space, Rabu (7/8).

"Kami telah mempelajari gambar pengorbit area ini selama 10 tahun, dan kami akhirnya dapat melihat dari dekat."

Sejak mendarat di Mars pada Agustus 2012, Curiosity telah melakukan perjalanan 21 kilometer.  Langkah santai telah membiarkan robot mengebor 22 sampel Planet Merah, di antara banyak tugas sains lainnya. Tapi lokasi Curiosity saat ini sangat menarik bagi para ilmuwan karena semua tanah liat itu.

"Kami melihat evolusi di lingkungan danau purba yang tercatat di bebatuan ini," kata Valerie Fox, ilmuwan planet di Caltech dan co-lead lain dari kampanye Curiosity saat ini.

"Itu bukan hanya danau statis. Ini membantu kita bergerak dari pandangan sederhana tentang Mars berubah dari basah menjadi kering. Alih-alih proses linear, sejarah air lebih rumit."

Dalam perjalanan ke pos terdepan saat ini, pengelana pertama kali melewati apa yang disebut Fox tempat parkir penuh kerikil, yang terlalu kecil untuk Curiosity untuk memeriksanya lebih dekat. Kemudian, pada bulan Juni, mereka masuk ke apa yang oleh NASA disebut fitur geologis yang lebih kompleks, termasuk singkapan yang disebut Teal Ridge dan sebuah batu besar yang disebut Strathdon, yang tampak berlapis-lapis.

Menurut NASA, Curiosity seharusnya memiliki kekuatan yang cukup untuk terus mengeksplorasi selama beberapa tahun lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement