Rabu 24 Jul 2019 21:16 WIB

Liga Waralaba E Sport Pertama Siap Digelar

Model liga waralaba kali ini akan mengatasi banyak masalah

Tampak para peserta Mobile Legends: Bang Bang Professional League - Indonesia (MPL ID)
Foto: dok istimewa
Tampak para peserta Mobile Legends: Bang Bang Professional League - Indonesia (MPL ID)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi para pecinta permainan online, kini kembali dapat menjajal keahlian menaklukkan lawan pada pertandingan sengit melalui gadget pribadi ataupun komputer. Kesempatan itu terbuka lebar setelah Mobile Legends: Bang Bang Professional League - Indonesia (MPL ID) kembali digelar untuk Musim Keempat. 

Dylan Chia, Marketing Director MPL-ID, menyatakan, kali ini penyelenggara mengadopsi model liga waralaba yang menjadikan MPL ID kompetisi e sports pertama di Asia Tenggara dengan model ini. Model ini bertujuan untuk membangun keamanan finansial untuk tim dan pemain sekaligus menerapkan struktur sistematis dalam industri esports Indonesia, demi tercapainya ekosistem esports yang berkelanjutan.

MPL ID Musim Keempat akan mencakup delapan minggu Pertandingan Reguler mulai tanggal 23 Agustus hingga 13 Oktober 2019. Musim Reguler akan diadakan secara offline di XO Tanjung Duren Hall. Sementara Grand Final akan diadakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta mulai 26 hingga 27 Oktober 2019.

Liga ini akan menampilkan juara Musim 3, Onic Esports plus tujuh peserta permanen lainnya; Alter Ego, Aura, Bigetron Esports, Evos, Geek Fam, Genflix Aerowolf, dan Rex Regum Qeon.

Transisi ke model liga waralaba kali ini akan mengatasi banyak masalah yang dihadapi peserta di musim sebelumnya. Misalnya, ketidakpastian regulasi menyebabkan kurangnya standarisasi kontrak antara tim dan pemain.

Dengan status tim yang kini permanen, ini memungkinkan penerapan standar yang melindungi semua pihak yang terlibat. Ini memudahkan kita untuk menciptakan fondasi yang kokoh untuk keberlanjutan lanskap e sports Indonesia," kata Dylan, Selasa (23/7).

Model waralaba MPL-ID memberikan setiap tim slot permanen dalam liga, dengan biaya waralaba permanen sebesar  1 juta dolar AS. Tim dan pemain MPL Seasons akan mendapatkan sejumlah fasilitas.

Seperti sistem permainan yang Adil di mana setiap tim akan memiliki bayaran yang sama demi tercapainya keseimbangan kekuatan antar tim dan terjaminnya biaya operasional. Setiap tim bisa mendapatkan lebih dari 50% pendapatan liga sebelum dikurangi biaya operasional dan pemasaran liga yang sepenuhnya ditanggung Moonton yang mengembangkan permainan tersebut. 

Keamanan Finansial untuk pemain yang memiliki gaji tetap minimum, dan panjang kontrak minimum 6 bulan per musim. Keamanan Pekerjaan untuk tim dan pemain, karena tidak ada degradasi lagi. Peluang Komersialisasi, dengan investasi bersama dari Moonton dan tim, MPLD  ID mengembangkan hubungan dengan mitra kunci untuk menciptakan aliran pendapatan baru dan solusi pemasaran untuk brand, tim, dan pemain.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement