Sabtu 29 Jun 2019 10:50 WIB

Kapal Karam Romawi Kuno Ditemukan di Dasar Laut Siprus

Penyelam menemukan kapal masih sarat dengan amphorae.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Israr Itah
Arkeolog menemukan kapal karam. (ilustrasi)
Foto: Cascais Municipal Council
Arkeolog menemukan kapal karam. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NIKOSIA -- Sebuah kapal karam era Romawi kuno telah ditemukan di dasar Laut Mediterania di lepas pantai timur negara Siprus. Penyelam menemukan kapal masih sarat dengan amphorae, guci tanah liat besar dengan dua pegangan di kedua sisi. Amphorae biasanya digunakan untuk menyimpan anggur dan cairan lainnya. 

Dilansir dari Independent, Sabtu (29/6), ini dianggap sebagai penemuan pertama yang terpelihara dengan baik dari jenisnya dalam sejarah negara kepulauan itu. Departemen Purbakala Siprus mengatakan, kapal itu kemungkinan besar berasal dari Suriah dan Kilikia kuno di pantai selatan Turki modern. 

Baca Juga

"Para arkeolog bawah air bekerja untuk memeriksa kapal itu," kata departemen tersebut.

Bangkai kapal itu ditemukan oleh sepasang penyelam sukarela dengan unit penelitian arkeologi Universitas Siprus.

Departemen Purbakala mengatakan studi tentang kapal itu diharapkan akan memberi penerangan baru tentang luasnya dan skala perdagangan lintas laut antara Siprus dan provinsi-provinsi Romawi lainnya di Mediterania timur.

Sejumlah kapal kuno telah ditemukan di lepas pantai pulau itu termasuk satu yang berasal dari era Yunani pada pertengahan abad ke-4 SM yang dianggap sebagai salah satu kawasan yang paling terpelihara.

Para arkeolog yang mengerjakan bangkai kapal itu mengatakan bahwa mereka telah memperoleh wawasan tentang evolusi pembuatan kapal kuno di wilayah tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement