Jumat 28 Jun 2019 09:11 WIB

Mas Jahe, Masker Wajah dari Jahe Merah

Jahe merah memiliki efek baik untuk kesehatan kulit wajah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Indira Rezkisari
Jahe merah.
Foto: PxHere
Jahe merah.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Jerawat atau acne vulgaris merupakan penyakit kulit yang sering terjadi pada masa remaja. Masker, merupakan salah satu solusi yang sering dipilih para remaja untuk mengatasinya.

Jerawat bisa disebabkan beberapa faktor mulai hormon, keturunan, stress, konsumsi obat dan produksi minyak berlebih. Kebiasaan buruk dapat pula menjadi pemicu terjadinya jerawat.

Baca Juga

Saat ini, memang sudah banyak inovasi yang ditawarkan untuk atasi masalah jerawat. Tapi, banyak masker wajah yang menggunakan bahan kimia yang tentunya akan memberikan efek samping bagi tubuh.

Untuk itu, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanfaatkan jahe merah sebagai bahan dasar membuat masker wajah. Tentu, lebih alami dan aman bagi kesehatan kulit.

Ada Fahmi Andari dari Prodi Manajemen, Fatimah Nur dari Prodi Akuntansi, serta Durrotun Nasihah dan Estu Rahajeng dari Prodi Pendidikan Kimia. Fahmi menilai, jahe merah memiliki banyak manfaat.

"Salah satunya menjaga kesehatan kulit, terutama untuk mengatasi masalah jerawat," kata Fahmi, ditemui beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, jahe merah punya efek farmakologis menghambat keluarnya enzim 5-lipoksigenase dan siklo-oksigenase. Selain itu, aktivitas farmakologi berperan sebagai anti-inflamasi.

Yaitu, gingerol dan shagaol yang merupakan komponen utama dari minyak atsiri. Menurut Fatimah, keunggulan dari produk ini memakai bahan alami yang aman bagi kulit dan harganya terjangkau.

"Ketersediaan bahan baku mudah ditemui dan karena produk miliki kandungan alami membuat produk ini berpotensi akan diproduksi lanjut dalam jangka panjang," ujar Fatimah.

Durrotun menjelaskan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker wajah jahe merah merupakan pisau, oats, blender, minyak zaitun, jahe merah, beras, talenan dan oven. Prosesnya cukup sederhana.

Pertama, jahe dikupas dan dicuci, diiris tipis, dijemur di bawah terik matahari selama dua hari atau dioven hingga kering. Setelah itu, jahe dihaluskan dengan blender dan jadi bubuk jahe.

"Lalu, dicampur bahan lain seperti tepung beras organik, oats dan minyak zaitun," kata Durrotun.

Terakhir, ada proses pengemasan masker jahe siap pakai dengan ukuran 50 gram. Karya ini sendiri berhasil meraih dana Dikti dalam PKM bidang kewirausahaan pada 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement