Selasa 25 Jun 2019 09:55 WIB

Robot NASA Terbang Pertama Kali ke Luar Angkasa

NASA ingin robot seperti seri Astrobee berfungsi sebagai penjaga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
NASA
Foto: Reuters
NASA

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Robot kubus Astrobee NASA akhirnya berkesempatan untuk terbang. NASA telah mengkonfirmasi bahwa salah satu bot, Bumble, terbang sendiri untuk pertama kalinya di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 14 Juni.

Meskipun perjalanan hanya melibatkan gerakan dasar seperti terbang maju dan berputar, itu adalah bukti mesin bisa bekerja di lingkungan gaya berat mikro yang dimaksudkan, seperti dilansir di Engadget, Selasa (25/6).

Baca Juga

Tes di masa depan akan membuat Bumble melakukan gerakan "semakin kompleks" untuk menunjukkan bahwa itu siap untuk digunakan. Ada robot lain (Honey) sudah hadir di ISS, sementara robot ketiga (Queen) diperkirakan akan diluncurkan pada bulan Juli.

NASA ingin robot seperti seri Astrobee berfungsi sebagai penjaga. Mereka akan melakukan beberapa pemeliharaan dan bantuan sehingga para astronot dapat fokus pada misi mereka alih-alih tugas-tugas yang monoton.

Robot NASA ini bisa sangat berharga untuk misi jangka panjang ke Bulan dan Mars. Di mana personel dan waktu kemungkinan akan sangat terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement