Sabtu 22 Jun 2019 12:55 WIB

NASA Rilis Foto Baru Permukaan Mars Berwarna Biru

Ilmuwan meyakini warna biru menunjukkan es air.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto baru Planet Mars menampilkan beberapa warna lain.
Foto: nasa/univ arizona
Foto baru Planet Mars menampilkan beberapa warna lain.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Foto baru Planet Mars menampilkan beberapa warna lain. Badan Antariksa AS (NASA) melihat kawah tumbukan baru di permukaan Mars. Para ilmuwan telah merilis foto yang menunjukkan beberapa warna biru dan ungu.

''Biru dapat menunjukkan es air di Mars,'' kaya Veronica Bray, anggota tim peneliti HiRISE dan ilmuwan Universitas Arizona.

Baca Juga

Dia mengatakan meski belum dikonfirmasi, umumnya, ketika gambar dengan efek biru menunjukkan area es air.

Namun, Leslie Tamppari, wakil ilmuwan proyek untuk Mars Reconnaissance Orbiter, mengatakan bahwa warna biru mungkin berubah menjadi tidak ada artinya.

"Saya tidak tahu bahwa kita harus membacanya," kata Tamppari. “Mereka meregangkan foto-foto ini. Semuanya warna palsu, bukan warna asli (karena) kami tidak memiliki semua panjang gelombang yang tertutup,"

Kawah selebar 16 meter diperkirakan telah terbentuk antara September 2016 dan Februari 2019. Kawah ini terletak di selatan sistem Valles Marineris.

Para ilmuwan telah menemukan lebih dari 500 kawah tumbukan di planet ini. Dengan mempelajari kawah ini, ilmuwan bisa mempelajari rentang proses terbentuknya kawah.

"Kami terkejut dengan betapa dinamisnya Mars. Kami melihat kawah aktif terjadi sepanjang waktu."

Sebelumnya, wahana Reconnaissance Orbiter menangkap foto pada 17 April yang dirilis ke publik awal bulan ini. Mars Reconnaissance Orbiter berangkat ke Planet Merah pada 2005 dan telah mempelajarinya sejak tiba pada Maret 2006.

Pekan lalu, Universitas Arizona, yang mengoperasikan Kamera HiRISE di Mars Reconnaissance Orbiter, merilis gambar aneh di Mars yang menyerupai simbol Starfleet "Star Trek".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement