Jumat 07 Jun 2019 09:40 WIB

Cara Aktifkan Mode Penghemat Kuota Data Seluler di Instagram

Pengguna Instagram dapat mengaktifkan beberapa mode penghemat kuota data seluler.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Instagram
Foto: EPA
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat Hari Raya, banyak pengguna media sosial membagikan momen kebersamaan. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1440H, Instagram mengingatkan ada beberapa mode penghemat data untuk perangkat Android yang bisa dipilih penggunanya.

Melalui mode ini, pengguna dapat menjelajahi dan berbagi momen di Instagram dengan orang terdekat tanpa harus menghabiskan penggunaan kuota internet seluler yang terlalu besar. Instagram secara khusus meluncurkan mode penghemat data untuk negara-negara berkembang dengan akses dan kecepatan internet yang terbatas, termasuk Indonesia, menurut rilis pers dari Webershandwick untuk Instagram.

Baca Juga

Dengan mengaktifkan mode penghemat data, Instagram tidak akan secara otomatis menampilkan pre-load video maupun foto beresolusi tinggi. Dengan begitu, para pengguna Instagram memiliki kebebasan untuk mengendalikan penggunaan kuota internet mereka di Instagram guna mempercepat proses memuat.

Untuk mengaktifkan mode ini, pengguna dapat mengunjungi “Pengaturan”, pilih “Akun”, dan pilih “Pengaturan Data Seluler”. Setelah itu, pengguna dapat mengaktifkan opsi “Penghemat Data” dengan menggeser tombol ke kanan. Pengguna dapat memilih tiga pilihan yang tersedia di Instagram untuk mengatur bagaimana media dengan resolusi tinggi akan ditampilkan di Feed mereka. Tiga pilihan tersebut antara lain:

Tidak Pernah: Instagram tidak akan pernah menampilkan media beresolusi tinggi.

WiFi Saja: Instagram hanya akan menampilkan media beresolusi tinggi ketika perangkat pengguna terhubung ke WiFi.

Seluler + WiFi: Instagram akan menampilkan media beresolusi tinggi ketika perangkat pengguna terhubung ke data seluler + WiFi.

Berdasarkan Speedtest Global Index Ookla (April, 2019), Indonesia menempati urutan 123 dari 138 negara yang masuk dalam survei dengan rata-rata kecepatan koneksi internet seluler sekitar 10,44 Mbps, sedangkan rata-rata kecepatan internet seluler dunia telah mencapai 26,96 Mbps.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement