Rabu 15 May 2019 16:30 WIB

KPM akan Gelar Kompetisi Nasional MIPA OMSI

OMSI merupakan kompetisi tingkat nasional yang memadukan matematika dan sains.

Babak Penyisihan OMSI di SDI Al Fawwaz Islamic School Cikarang.
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Babak Penyisihan OMSI di SDI Al Fawwaz Islamic School Cikarang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Memasuki tahun ke-4, Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) akan kembali digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM). OMSI Se-Indonesia ke-4 merupakan kompetisi tingkat nasional yang memadukan mata pelajaran matematika dan sains.

Perhelatan OMSI akan berlangsung pada tanggal 21 Juli 2019 (babak penyisihan), diperuntukkan bagi pelajar kelas 4-5 SD/sederajat T.A 2018/2019. Puncaknya, peserta terbaik dari babak penyisihan akan berkompetisi di babak final pada tanggal 01 September 2019.

Baca Juga

Pada tahun 2018, perhelatan yang menerapkan biaya pendaftaran “seikhlasnya” atau sesuai kemampuan, ini sukses menjaring 3.137 peserta yang tersebar di 39 titik lokasi penyelenggara di berbagai daerah.

Kepala Divisi lomba KPM, Muchammad Fachri, menuturkan lomba OMSI ini sangat cocok bagi pelajar yang menginginkan tantangan berbeda. Karena tes OMSI mengombinasikan tes ujian terhadap penguasaan bidang studi matematika dan sains.

“Kehadiran lomba ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk meraih prestasi sesuai bakat dan minat mereka di bidang matematika dan sains.” ujar Fachri.

Fachri juga menambahkan bahwa pihaknya akan menyediakan penghargaan berupa medali emas, medali perak, dan medali perunggu. Tak hanya itu, para jawara OMSI tahun ini berpeluang mengikuti kompetisi internasional bergengsi, yakni International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) yang akan digelar di Vietnam.

Untuk informasi dan pendaftaran mengikuti OMSI 4 dapat melalui, Read1 Institute, nomor telepon 0812 8546 962 / 0251-7522 612 (dengan Tri). Formulir pendaftaran kolektif melalui sekolah dapat diunduh melalui link ini. Sedangkan formulir pendaftaran individu dapat diunduh disini.

photo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement