Jumat 10 May 2019 13:50 WIB

Tim Pencak Silat KPM Raih 18 Medali di Merpati Putih Open

Banyak hal positif dari keikusertaan tim pencak silat KPM ini.

Tim pencak silat Klinik Pendidikan (KPM) unjuk gigi di ajang Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Merpati Putih Open 2019.
Foto: kpm
Tim pencak silat Klinik Pendidikan (KPM) unjuk gigi di ajang Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Merpati Putih Open 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim pencak silat Klinik Pendidikan (KPM) unjuk gigi di ajang Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Merpati Putih Open 2019. Tim KPM dengan 8 medali emas dan 10 medali perak.

Ajang kejuaraan ini diselenggarakan Perguruan Pencak Silat (PPS) BETAKO Merah Putih di GOR Ciracas, Jakarta Timur (1-4/5). Ada sekitar 1.500 peserta turut berkompetisi di ajang kejuaraan pencak silat ini.

Kejuaraan ini dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori prestasi dan kategori pemasalan. Kategori prestasi diikuti oleh peserta usia remaja (sekolah dan perguruan silat) dan peserta usia dewasa (perguruan silat, atlet pemusatan latihan daerah (Pelatda), atlet dari Singapura).

Sedangkan untuk kategori pemasalan diikuti oleh peserta dari sekolah, klub, maupun perguruan silat yang ada di Indonesia. Yang unik dan menarik, pada ajang kejuaraan ini diwarnai kegiatan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) gerakan Tunggal Tangan Kosong 1.500 peserta.

photo
Tim pencak silat Klinik Pendidikan (KPM) meraih 18 medali di ajang Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Merpati Putih Open 2019.

Koordinator Program Pencak Silat KPM Rian Ardiansyah yang akrab disapa Kang Rian tak bisa menyembunyikan rasa bahagia atas raihan prestasi murid-muridnya. Tim pencak silat KPM turut serta dalam kejuaraan ini untuk menempa jiwa sportivitas anak-anak KPM dalam berkompetisi.

Harapannya, mereka akan tumbuh menjadi para pesilat yang memiliki kepribadian yang kuat di atas landasan iman dan takwa. “Kami juga ingin mengukur sejauh mana keandalan sistem kurikulum dan sistem pengajaran program pencak silat KPM, apakah bisa relevan dan diterapkan di lapangan atau tidak lewat kompetisi ini?” ujar Kang Rian.

Kang Rian melihat banyak hal positif dari keikusertaan tim pencak silat KPM di ajang kompetisi pencak silat ini. Pertama, sikap kedisiplinan dan kemandirian anak-anak semakin terbangun dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari sikap murid-murid KPM saat sedang berlatih dan di luar latihan.

Kedua, mental bertanding anak-anak semakin baik. Ketiga, potensi anak-anak semakin terlihat dan bisa terus dikembangkan di waktu mendatang. Keempat, besarnya kepedulian dan dukungan dari orang tua KPM untuk menunjang prestasi anak-anaknya di bidang pencak silat.

“Meskipun prestasi gemilang sudah diraih, para pelatih pencak silat di KPM akan terus berbenah untuk menjaga bahkan meningkatkan prestasi di masa mendatang," ucap Kang Rian.

Sementara itu, Izzati Maharani Yusmanda, juara 1 kategori tunggal untuk tingkat SD mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada kedua orang tuanya dan tim pelatih KPM yang sangat berjasa mengantarkan Izzati bisa meraih prestasi terbaik di ajang kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Merpati Putih Open 2019.

Izzati membagikan rahasia keberhasilannya menjadi juara. “Berlatih, berlatih, berlatih. Saya selalu berlatih rutin setiap sabtu di sekolah Darul Jannah. Selain itu, saya berlatih intensif jelang pertandingan untuk meningkatkan kekuatan fisik dan kualitas teknik. Tidak lupa saya selalu berdoa kepada Allah," kata siswi SDI Al Azhar 17 Bintaro Jakarta ini.

Selain itu, Raden Surawisesa R. S. yang berhasil menjadi juara pada kategori tanding untuk tingkat SD menyampaikan rasa syukur atas capaian prestasinya. “Alhamdulillah semua ini terjadi karena izin Allah SWT dan ridho orang tua. Terima kasih untuk Kang Rian yang memotivasi saat lomba.” tutur siswa SD Insan Kamil ini. Selamat untuk tim pencak silat KPM.          

Berikut hasil lengkap capaian prestasi tim pencak silat KPM di event kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Merpati Putih Open 2019.

Hasil Pertandingan Tingkat SMP:

Juara 1

- Qaisha Firos Laudyamoza (tunggal)

- Ananda Muhammad (tanding)

Juara 2

- Raden Rahayuningati R. S. (tunggal)

- Sultan Alif H. (tanding)

- Meylina Fristy (tanding)

- Davi Ananda R. (tanding)

Hasil Pertandingan Tingkat SD:

Juara 1

- Izzati Maharani Yusmanda (tunggal)

- Rafa Darussalam (tunggal)

- Najmanida Rahma (tanding)

- Raden Surawisesa R. S. (tanding)

- Gizzel Fatima Afran (tanding)

- Devi Nurika Oktarifani (tanding)

Juara 2

- Enzo Muhammad Afran (tunggal)

- Leica Fatima Afran (tunggal)

- Gizzel Fatima Afran (tunggal)

- Naufal Alhafizh (tanding)

- Hanan Farros Primatama (tanding)

- Aria Rana Ramadhan (tanding)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement