Sabtu 04 May 2019 15:27 WIB

Rekaman Suara Einstein tentang Musik dan Bom Atom Dilelang

Lelang dibuka mulai 3.500 dolar AS.

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Dwi Murdaningsih
Albert Einstein
Foto: ist
Albert Einstein

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah rekaman langkah Fisikawan, Albert Einstein yang tak pernah diketahui oleh publik dilelang. Percakapan itu direkam tahun 1951 pada cakram vinil lama di Institute for Advanced Studies di Princeton, New Jersey itu membahas tentang musik dan bom atom bersama kedua temannya, Jack dan Frances Rosenberg.

Penawaran resmi dibuka secara online di Heritage Auctions, Ahad (4/5) waktu setempat. Rekaman berdurasi 33 menit antara Einstein dan kedua temannya.

Baca Juga

Einstein berbicara dalam bahasa Inggris dengan aksen yang kental. Menurut deskripsi dalam daftar lelang, Einstein membahas topik serius dengan diselingi lelucon dan canda tawa.

Einstein memang dikenal sangat mengapresiasi bidang musik. Dalam rekaman, penemu teori relativitas itu menggambarkan cinta Brahms, Schubert, dan Beethoven. Dia memuji komposisi musik yang dibawakan komposer Rumania George Enescu dalam konser Violin Concerto.

"Di masa mudaku, aku tidak pernah mendengar yang lebih baik," suara rekaman Einstein dikutip dari Live Science, Sabtu.

Dalam rekaman lengkap, Einstein juga menyatakan penyesalan terhadap perannya dalam mengantar AS menuju pengembangan bom atom, melalui surat yang dikirim ke presiden AS waktu itu, Franklin Delano Roosevelt (FDR) pada tahun 1939. "Saya percaya itu adalah kemalangan yang besar," kata Einstein.

Einstein merenungkan dan memperkirakan, jika FDR masih hidup, presiden tidak akan pernah menggunakan bom atom. "Ini aku yakin," katanya.

Einstein menganggap baik bahwa Rusia, yang pada masanya juga mengembangkan bom atom. Menurutnya, AS bukan lagi satu-satunya negara yang memiliki senjata mengerikan ini. "Lebih baik untuk kesejahteraan dunia," kata Einstein.

Sementara, Direktur Konsinyasi Departemen Sejarah di Heritage Auctions, Don Ackerman mengatakan salinan rekaman Einstein sangat langka. "(Rekaman itu) tidak tersedia untuk masyarakat umum," kata Ackerman.

Salinan rekaman yang berada di musium Einstein Collection di California Institute of Technology, menawarkan kesempatan langkah untuk memiliki wawancara unik dengan ilmuwan terkenal. Penawaran untuk rekaman audio Einstein, dibuka harga dari 3.500 dolar dan pemenangnya juga akan menerima CD berisi rekaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement