Senin 29 Apr 2019 15:51 WIB

Menghilangkan Bau Keringat pada Pakaian Olahraga (2)

Bau keringat pada pakaian olahraga kadang tak hilang meski telah dicuci.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Baju olahraga yang basah oleh keringat terkadang aromanya masih tak sedap meski telah dicuci. (Ilustrasi)Ilustrasi)
Foto: designocd.com
Baju olahraga yang basah oleh keringat terkadang aromanya masih tak sedap meski telah dicuci. (Ilustrasi)Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bau keringat yang menempel pada pakaian olahraga terkadang tak langsung hilang setelah dicuci. Di komunitas kebugaran, kondisi itu disebut sebagai efek "rebloom", baunya menguar kembali.

Menurut pakar binatu Mary Marlowe Leverette, ada sudut dan celah pada pakaian yang dapat membuat kotoran dan bau terperangkap. Deterjen sulit menembus lekukan-lekukan itu.

Lantas, bagaimana agar pakaian olahraga menjadi bersih kembali dan wangi setelah dicuci. Leverette yang bekerja sebagai konsultan untuk produsen deterjen, distributor tekstil konsumen, dan pengembang alat binatu memberikan beberapa tips sebagai berikut:

6. Jangan mencucinya dengan kain tebal

Serat dari pullover berbulu, kaus, dan handuk dapat pindah ke kain pakaian olahraga yang melar. Alhasil, deterjen dan air sulit untuk melewatinya. Bau bekas keringat pun tak bisa terangkat.

7. Aduk dengan cuka

Untuk menyingkirkan bau yang membandel, coba rendam pakaian dalam satu bagian cuka putih dan empat bagian air dingin selama 30 menit. "Solusi lain untuk menanggalkan bau pada pakaian lama adalah mencampur larutan pencerah kain (oxygen bleach) dengan air dingin dan biarkan pakaian berendam semalaman," kata Leverette.

8. Tambahkan baking soda

Pilihan lain? Tambahkan secangkir baking soda ke cucian Anda selama siklus pembilasan untuk menetralkan bau tak sedap.

9. Segarkan dengan jus lemon

Kedengarannya aneh, tapi asam sitrat dalam jus lemon dapat memecah minyak dari tubuh Anda yang menempel di pakaian. Bau pun bisa tersingkirkan. Selain itu, aroma lemon bagus untuk mendapatkan kesegaran tanpa deterjen yang wangi.

10. Rendam dalam buttermilk

Jika Anda meninggalkan pakaian dalam kantong plastik di bagian bawah tas olahraga selama beberapa hari, bau jamur biasanya akan segera tercium begitu kantong dibuka. Untuk menghalau bau jamur, rendam pakaian dalam buttermilk semalaman sebelum mencucinya.

11. Gantung sampai kering

Jangan keringkan pakaian olahraga dengan mesin. Itu hanya akan merusak bahannya. Sebaiknya, biarkan udara mengeringkan pakaian olahraga Anda. Gantung saja sampai kelembapannya hilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement