Jumat 26 Apr 2019 06:51 WIB

Foto Dua Gorila Swafoto Bersama Penjaganya Viral di Internet

Dua gorila tampak dengan santainya ikut berswafoto bersama penjaganya.

Dua gorila bernama Ndakaza dan Ndeze tampak ikut berpose dengan petugas di Taman Nasional Virunga, Republik Demokratik Kongo (DRC).
Foto: The Independent
Dua gorila bernama Ndakaza dan Ndeze tampak ikut berpose dengan petugas di Taman Nasional Virunga, Republik Demokratik Kongo (DRC).

REPUBLIKA.CO.ID, KINSHASA -- Foto yang diposting Taman Nasional Virunga, Republik Demokratik Kongo (DRC) viral di dunia maya. Foto tersebut menjadi spesial karena memperlihatkan dua gorila, yang bernama Ndakaza dan Ndeze ikut berfoto bersama salah satu penjaga Taman Nasional Virunga, Republik Demokratik Kongo (DRC) yang tengah berswafoto.

Ndakaza dan Ndeze seolah sudah terbiasa berpose. Kedua gorila betina yang sudah yatim piatu itu berdiri tegak dengan dua kakinya dan menatap ke arah kamera ponsel Mathieu Shamavi, petugas yang dulu menyelamatkan mereka semasa bayi.

Gambar itu telah beredar luas sejak diterbitkan di laman Facebook dan Instagram taman nasional itu pekan ini. Shamavu mengatakan ia sedang berjalan bersama Ndakazi dan Ndeze ketika ia melihat kesempatan untuk mengambil gambar.

"Kami membiarkan mereka bebas sehingga mereka merasa nyaman. Mereka sangat berminat pada apa yang terjadi. Mereka berdiri. Dan ketika mereka berdiri, saya mengambil ponsel saya sebab saya tak ingin kehilangan kesempatan untuk mengambil gambar karena itu luar biasa," kata Shamavu di dalam satu wawancara, sebagaimana dilaporkan Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis malam.

Shamavu mengatakan, begitu melihat dia mengambil ponsel, kedua gorila itu berhenti beraktivitas dan mengamatinya."Mereka memandang ke kamera dan mengawasi," katanya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 

You might have recently seen caretakers Mathieu and Patrick’s amazing selfie with female orphaned gorillas Ndakazi and Ndeze inside the Senkwekwe center at Virunga National Park. We’ve received dozens of messages about the photo. YES, it’s real! Those gorilla gals are always acting cheeky so this was the perfect shot of their true personalities! Also, it’s no surprise to see these girls on their two feet either—most primates are comfortable walking upright (bipedalism) for short bursts of time. Guys, if you shared our gorilla selfie post, please share our Earth Day posts as well! Conserving Virunga’s amazing wildlife is a constant challenge for the Park and our work wouldn’t be possible without your support. Matching funds have been pledged on every donation to the Park today, up to a total of $25,000—giving us the opportunity to raise $50,000 for Virunga! Visit virunga.org/donate or click the link in our bio to get involved and keep sharing our posts! Thank you! *We want to emphasize that these gorillas are in an enclosed sanctuary for orphans to which they have lived since infancy. The caretakers at Senkwekwe take great care to not put the health of the gorillas in danger. These are exceptional circumstances in which the photo was taken. It is never permitted to approach a gorilla in the wild. #gorillaselfie #gorilla #mountaingorilla #mountaingorillaselfie #selfie #earthday #earthday2019 #virunga #virunganationalpark #congo #drcongo #rdc #drc #protecttheplanet #happyearthday #wildlife #wildlifeconservation #conservation #natureconservation

A post shared by Virunga National Park (@virunganationalpark) on

Ndakazi dan Ndeze dirawat oleh pengurus di Senkwekwe Center setelah diselamatkan pada 2007, ketika mereka masih bayi. Taman itu, yang berada di tengah gunung berapi Afrika Tengah, adalah habitat bagi lebih dari separuh dari seluruh populasi gorila gunung, spesies yang terancam punah karena menghadapi ancaman dari pemburu gelap dan kelompok bersenjata.

"Anda lihat mereka bisa berjalan sejauh satu atau dua meter dengan kedua kaki, tapi hewan ini juga terbiasa (dengan manusia). Mereka suka meniru dan melakukan apa yang dikerjakan manusia," kata Shamavu.

"Kami selalu bersama, kami memberi mereka makan, kami berjalan bersama mereka, kami menemani mereka di lingkungan alamiah mereka. Kami bertugas menjadi keamanan mereka. Ini sebabnya mengapa gorila ini terbiasa dengan kami, penjaga mereka dan tak seorang pun, tidak juga wartawan, tidak juga pelancong, bisa mengambil gambar ini," katanya.

Taman tersebut ditutup tahun lalu, setelah beberapa pria bersenjata menculik pelancong dan membunuh seorang penjaga yang berusaha mempertahankan mereka. Taman itu dibuka kembali pada Februari tahun ini, tapi kurang dari sebulan kemudian, anggota milisi membunuh seorang penjaga di sana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement