Kamis 14 Mar 2019 16:44 WIB

Facebook-Instagram Gangguan, Ini Penjelasan Kemenkominfo

Gangguan terjadi karena Facebook-Instagram sudah miliki ratusan jutaan pengguna

Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengkonfirmasi langsung kepada pihak Instagram dan Facebook terkait gangguan yang terjadi pada sejumlah pengguna. Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu mengatakan ada masalah teknis yang terjadi di dua sosial media tersebut.

"Jadi saya tadi dapat info langsung dari Facebook dan Instagram, sempat beberapa jam terjadi gangguan dan itu terjadi secara global bukan hanya di Indonesia. Ini yang terkena juga hanya beberapa orang saja," kata Ferdinandus pada Republika, Kamis (14/3).

Ia mengatakan, gangguan ini terjadi diperkirakan karena kedua platform sosial media tersebut sudah memiliki ratusan juta pengguna. Bahkan, Facebook saat ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap harinya.

Jumlah pengguna yang terlalu banyak tersebut akhirnya menyebabkan gangguan teknis. Ferdinandus pun membantah soal dugaan terjadi peretasan oleh pihak tertentu kepada kedua platform sosial media tersebut.

"Jadi memang ada masalah di pihak sananya. Masalah teknis," kata Ferdinandus menjelaskan.

Meskipun sempat mengalami gangguan sekitar sejak Rabu (13/3) lalu, Ferdinandus mengatakan saat ini masalahnya telah diselesaikan oleh pihak sosial media. Sekitar pukul 13.00 WIB seluruh sosial media yang disebut mengalami gangguan sudah pulih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement