Jumat 22 Feb 2019 11:28 WIB

Kura-Kura Raksasa yang Diduga Punah Ditemukan di Galapagos

Spesies ini terakhir terlihat pada 1906.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Kura-kura Galapagos yang terkenal. Ukurannya lebih besar dari kura-kura pada umumnya.
Foto: .
Kura-kura Galapagos yang terkenal. Ukurannya lebih besar dari kura-kura pada umumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, QUITO -- Konservasionis Kepulauan Galapagos telah menemukan kura-kura raksasa dari spesies yang diperkirakan telah punah seabad yang lalu. Kura-kura betina dewasa ditemukan di Pulau Fernandina di barat Kepulauan Pasifik ini diyakini sebagai kura-kura raksasa Fernandina.

Hewan ini dikenal sebagai Chelonoidis phantasticus. Spesies ini terakhir terlihat pada 1906.

Baca Juga

Kura-kura itu diyakini berumur sekitar 100 tahun dan dibawa dengan perahu ke pusat konservasi utama Galapagos di Pulau Santa Cruz. “Hewan itu usianya lebih dari 100 tahun dan kura-kura yang sangat tua,” kata Washington Tapia dari Galapagos Conservancy, seperti yang dilansir di Malay Mail, Jumat (22/2).

Galapagos Conservancy adalah sebuah organisasi nirlaba Amerika Serikat yang didedikasikan untuk melestarikan Galapagos. Menteri Lingkungan Hidup Ekuador Marcelo Mata mengumumkan penemuan spesies kura-kura Chelonoidis phantasticus ini di Twitter. Sebuah pernyataan kementerian mengatakan para konservasionis berharap anggota spesies lain ada di pulau itu, dinilai berdasarkan jejak dan spora yang mereka temukan.

“Tes genetik akan dilakukan untuk mengonfirmasi apakah kura-kura itu memang anggota spesies yang telah lama hilang,” ujarnya.

Spesies Chelonoidis phantasticus adalah spesies asli Fernandina yang tidak berpenghuni. Pulau ini merupakan pulau termuda di rantai gunung berapi aktif. Kura-kura ini merupakan salah satu dari 15 spesies kura-kura raksasa yang dikenal di Galapagos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement