Sabtu 02 Feb 2019 15:37 WIB

Jaring Teman dan Pengetahuan di Fun Science Republika

Peserta diajak bereksperimen dengan alat-alat sederhana di sekitar.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gita Amanda
Fun Science di Kantor Republika, Sabtu (2/2).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Fun Science di Kantor Republika, Sabtu (2/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan Fun Science kembali dilaksanakan di kantor harian Republika, Jakarta Selatan, pada Sabtu (2/2). Sebanyak 45 siswa-siswi SD dari berbagai sekolah di Jakarta, Depok dan Bogor mengikuti kegiatan yang digagas oleh kerja sama antara Republika dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Kegiatan Fun Science kali ini dipandu oleh Ina Ana Khoeriah, Febby Leona Tiffani dan Rasethy Rahayu Batubara dari KPM. Tema yang diangkat dalam materi matematika kali ini adalah Pengukuran (measuring) dan Fungky Fontain in The Bottle pada materi IPA atau sains. 

Setelah penjelasan teori, peserta diajak untuk mengukur tinggi badan dari para anggota kelompoknya masing-masing dengan menggunakan meteran yang kemudian dibandingkan dengan hasil dari pengukuran menggunakan jengkal, agar peserta mengetahui mana alat ukur yang lebih valid. Selain mengukur tinggi badan, peserta juga diajak untuk mengukur jarak bola pingpong dan kelereng yang digelindingkan di atas pipa dengan ketinggian yang berbeda-beda.

photo
Fun Science di Kantor Republika, Sabtu (2/2).

"Tujuannya agar anak-anak mengetahui cara mengukur kemudian juga cara mengkonfersi dari satuan ukuran mulai dari meter sampai milimeter. Anak-anak juga bisa bereksperimen dan bisa memahami soal Matematika maupun IPA dengan metode nalariah realistik," kata dia.

Ina mengaku sengaja menggunakan alat-alat sederhana yang mudah ditemukan di lingkungan rumah. Sehingga setelah anak-anak kembali ke rumah masing-masing mereka dapat mengulas dan mempraktekkannya. "Mereka juga bisa lebih mengetahui ilmu sains dan matematika dari hal yang ada di sekeliling mereka," jelas dia.

Sementara itu, Aisyah Emilia salah satu peserta yang sudah ketiga kalinya mengikuti Fun Science di Republika ini mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Dia merasa bisa mendapatkan teman lebih banyak. "Setiap pertemuan ketemu temen baru, materinya juga kreatif, banyak ilmu tentang matematika dan IPA," kata dia.

Senada dengan itu, Zahwa dan Nasywa yang berasal dari sekolah berbeda terlihat akrab setelah belajar bersama di Fun Science Republika. Selain bisa mendapatkan banyak teman, mereka merasa materi pelajaran lebih mudah dipahami dengan kegiatan Fun Science.

"Insyaallah, bulan depan mau ikut daftar lagi, ini tuh lebih seru. Bisa punya banyak pengalaman dan nambah ilmu juga," kata Zahwa, siswi kelas empat MI Al-Baidho, Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement