Kamis 24 Jan 2019 12:23 WIB

Tabel Periodik Berusia 134 Tahun Ditemukan di Gudang Kampus

Kampus membuat replikanya dan memamerkannya untuk umum.

Tabel periodik 134 tahun ditemukan di Scottish University.
Foto: Mashable
Tabel periodik 134 tahun ditemukan di Scottish University.

REPUBLIKA.CO.ID, SKOTLANDIA -- Tabel periodik tertua di dunia ditemukan di sebuah gudang berdebu yang dikunci di Universitas Skotlandia. Dikutip di Mashable, menurut Universitas St Andrews, ruang penyimpanan di departemen kimia itu belum pernah dibersihkan sejak 1968, tahun dibukanya fasilitas itu.

Jadi pada 2014, universitas memulai pembersihan yang berlangsung selama beberapa bulan. Upaya mereka membuahkan hasil karena di antara bagan yang digulung berdebu itu ada tabel periodik yang sangat tua.

Berdasarkan penyelidikan, universitas menemukan meja tersebut dibeli oleh seorang profesor kimia, Thomas Purdie yang mengajar di universitas dari 1884 hingga 1909. Dia membeli meja tersebut dari katalog Jerman sekitar Oktober 1888.

Grafik yang sangat rapuh itu diproduksi 134 tahun yang lalu di Wina. Hal ini menjadikannya tabel periodik tertua di dunia.

Ahli kimia Rusia Dmitri Mendeleev adalah orang di belakang tabel periodik yang memperkenalkannya kepada komunitas ilmiah pada 1869 dan merevisinya pada 1871. “Penemuan tabel periodik ruang kelas tertua di dunia di Universitas St Andrews sangat luar biasa. Tabel tersebut akan tersedia untuk penelitian dan pameran di universitas," mantan kepala kimia University of St Andrews, David O'Hagan.

Dia menambahkan universitas melestarikan sepotong sejarah yang penting ini dan bahkan telah membuat replikanya yang dipajang untuk umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement