Rabu 02 Jan 2019 16:46 WIB

Empat Langkah Bikin PC Seperti Baru Lagi

Jika memori PC penuh, maka kinerjanya akan terhambat.

Rep: Rossi Handayani / Red: Ani Nursalikah
Tangan sedang mengetik di keyboard komputer (ilustrasi)
Foto: VOA
Tangan sedang mengetik di keyboard komputer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah salah satu resolusi Anda adalah memiliki PC yang lebih cepat di tahun depan? Atau mungkin ingin lebih meningkatkan performa gaming, multi-tasking, dan pembuatan berbagai konten dan dokumen di laptop? Dalam keterangan yang disampaikan kepada Republika.co.id, Western Digital memberikan empat langkah sederhana yang bisa membuat PC terasa seperti baru lagi sebagai berikut.

Upgrade penyimpanan ke SSD

Baca Juga

Untuk meningkatkan kinerja PC, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan upgrade sistem penyimpanan internal ke SSD. Sebagai perbandingan 10 ribu RPM HDD memiliki kecepatan 140 MB per detik, sedangkan WD Blue 3D NAND sudah memiliki kecepatan hingga 560 MB per detik. Ini berarti, upgrade dari hard-disk drive (HDD) ke solid state drive (SSD) dapat meningkatkan kecepatan PC hingga empat kali lipat. Proses booting, permainan, hingga perpindahan antaraplikasi pun dapat lebih terakselerasi dan tidak lagi lemot.

 

 

Tidak hanya membuat performa PC lebih cepat, penyimpanan SSD juga lebih fleksibel dan tahan lama. Hal ini dikarenakan SSD sudah menggunakan teknologi chip, bukan disk yang mudah rusak ketika tergores atau jatuh. SSD juga lebih ramah lingkungan dengan konsumsi listrik kurang dari satu watt, dibandingkan dengan HDD yang mengkonsumsi lebih dari 10 watt.

Pindahkan data yang tidak dipakai

Seperti halnya peralatan elektronik pada umumnya, jika memori PC penuh, maka kinerjanya akan terhambat. Karena itu, sebisa mungkin pindahkan beberapa data berkapasitas besar seperti foto dan video ke perangkat penyimpanan eksternal.

Uninstall program yang tidak terpakai

Tahun baru adalah saat yang tepat untuk mengevaluasi apa yang Anda butuhkan dan apa yang tidak. Untuk itu, ini saatnya melakukan bersih-bersih pada penyimpanan PC. Pilihlah program yang tidak pernah digunakan dan lakukanuninstall untuk menghemat kapasitas penyimpanan.

 

Caranya, buka Control Panel, pilih Uninstall a Program, centang pilihan Last Used On untuk mencari tahu aplikasi mana yang paling jarang digunakan, klik kanan, pilih Uninstall.

Lakukan Disk Cleanup

Langkah yang terakhir merupakan langkah yang paling mudah dan paling cepat untuk dilakukan. Caranya, pilih My Computer, klik kanan di Hard Drive, klik Properties, lalu klik menu Disk Cleanup (pada tab General). Pilih bagian drive yang hendak dibersihkan, lalu jalankan Disk Cleanup.

 

Disk Cleanup dapat menghapus ratusan megabyte (bahkan gigabyte) dengan menghapus data-data yang tidak diperlukan oleh sistem PC, dan mengosongkan Recycle Bin.

 

Melalui empat langkah mudah ini, Anda dapat memiliki  PC yang terasa seperti baru lagi. Solusi yang cepat dan terjangkau untuk Anda yang ingin mempercepat kinerja PC tanpa mengeluarkan biaya besar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement