Rabu 02 Jan 2019 14:17 WIB

Palapa Ring Tengah Siap Digunakan

Palapa Ring Tengah terdiri kabel darat 1.326,22 km dan 1.787,06 km kabel laut.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.
Foto: kominfo.go.id
Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memantau pengerjaan Palapa Ring Tengah di Pulau Morotai, Maluku Utara pada Rabu (2/1). Ia pun menyatakan optimismenya Palapa Ring Tengah siap digunakan.

"Alhamdulillah proses pembangunan Palapa Ring Tengah selesai 100 persen per Desember 2018. Ready to serve masyarakat Indonesia," kata Rudiantara, Rabu, dikutip dari keterangan tertulis.

Menurut Rudiantara, pembangunan Palapa Ring harus dapat digunakan masyarakat untuk hal-hal positif. Ia pun berharap kepada masyarakat di sekitar lokasi agar ikut menjaga infrastruktur Palapa Ring.

"Saya titip ikut menjaga infrastruktur Palapa Ring. Peran serta masyarakat penting dalam menjaga stabilitas dan keberlangsungan layanan telekomunikasi," ujar dia.

Jangan Pernah Bagikan Foto Boarding Pass, Ini Alasannya

Pembangunan Infrastruktur Last Mile Universal Service Obligation (USO) Palapa Ring merupakan upaya pemerintah untuk untuk memberikan akses telekomunikasi bagi masyarakat maupun layanan publik di daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). Melalui pembangunan Palapa Ring Tengah, pemerintah terus berupaya menyediakan akses informasi secara universal bagi masyarakat di seluruh Nusantara.

Palapa Ring Tengah yang dibangun melintasi  Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara itu terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 km kabel darat dan 1.787,06 km kabel laut. Proyek yang bernilai  Rp 1,38 triliun itu beroperasi itu memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps.

Inas Widyanuratikah

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement