Kamis 27 Dec 2018 09:10 WIB

Mengapa Memar Berubah Warna Saat Sembuh?

Beberapa memar dapat bertahan beberapa bulan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
Luka memar di tangan
Foto: medicalnewstoday.com
Luka memar di tangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memar adalah tanda yang muncul ketika darah terperangkap di bawah permukaan kulit. Memar terjadi ketika beberapa jenis trauma atau cedera menghancurkan pembuluh darah kecil (dikenal sebagai kapiler), tapi tidak merusak kulit.

Sebagai akibat dari cedera, kapiler yang pecah mengeluarkan sel darah merah, yang terperangkap di bawah kulit. Sel darah merah berkumpul membentuk noda biru, ungu, merah, atau hitam.

"Memar adalah area kulit yang berubah warna pada tubuh yang disebabkan pecahnya pembuluh darah akibat pukulan atau benturan," kata Navya Mysore, selaku penyedia perawatan primer yang berbasis di New York City seperti dilansir di How Stuff Works, Kamis (27/12).

Memar bisa terasa lunak saat pertama kali terbentuk, dan bisa disertai beberapa pembengkakan. Mereka biasanya membutuhkan waktu sekitar dua pekan untuk sembuh. Beberapa memar dapat bertahan beberapa bulan.

Selama masa penyembuhan, tubuh rusak dan menyerap kembali darah yang dikumpulkan yang menghasilkan tanda. Ketika ini terjadi, warna memar dapat memudar dari gelap ke terang. Kadang muncul pula warna-warna lain.

Berubah warna

Mysore mengatakan tepat setelah cedera, memar biasanya berwarna merah atau ungu karena warna darah yang telah terkumpul di bawah kulit. Namun ketika memar sembuh, tubuh memecah darah yang telah terkumpul di bawah kulit. Ketika ini terjadi, memar itu berubah jadi warna yang berbeda, dari hitam, biru, hijau ke kuning.

Ketika memar pertama kali terbentuk, biasanya berwarna merah karena darah segar tepat di bawah permukaan kulit. Diperlukan sekitar satu atau dua hari untuk hemoglobin (protein yang mengangkut oksigen) untuk mulai mengubah memar dengan menjadi biru, ungu atau bahkan hitam.

Oksigen adalah apa yang memberi darah yang warna merah di tempat pertama. Jadi, ketika cedera menyebabkan hemoglobin dengan cepat kehilangan oksigennya, noda merah menjadi gelap dan berubah.

Setelah beberapa hari lagi, tanda memar biasanya memudar menjadi hijau atau kuning sebelum menjadi sedikit cokelat dan menghilang sepenuhnya. Perubahan warna ini terjadi ketika tubuh menggunakan kembali zat besi dalam hemoglobin untuk membentuk sel-sel darah merah baru.

Hemoglobin terdekomposisi berubah menjadi pigmen hijau yang disebut biliverdin, yang kemudian diubah menjadi senyawa berwarna kuning atau cokelat muda yang disebut bilirubin. Karena semua produk ini diserap kembali atau dibersihkan dari tubuh, tanda itu memudar dan menghilang.

Orang yang rentan alami memar

Hampir semua orang mengalami memar, tapi beberapa orang lebih rentan terhadapnya daripada yang lain. Orang lanjut usia, misalnya, mungkin lebih mudah memar karena kulit yang lebih tipis dan jaringan yang lebih lembut. Faktor-faktor lain, seperti penyakit tertentu, kondisi medis dan obat-obatan, juga dapat meningkatkan risiko seseorang memar.

Jadi, apa yang Anda lakukan ketika mendapat memar? Biasanya, waktu benar-benar menyembuhkan semua luka.

"Biasanya, memar ringan akan sembuh dalam sepekan," kata Mysore.

Memar yang lebih moderat hingga parah bisa memakan waktu dua pekan, bahkan satu bulan untuk menyelesaikan sepenuhnya. Jika cedera itu kuat Anda bisa mengalami hematoma, yang merupakan pembengkakan padat dari darah yang membeku di dalam jaringan dan ini bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan tetapi mereka lakukan sendiri.

Dan walaupun ada banyak mitos tentang bagaimana cara menghilangkan memar secara ajaib, satu-satunya metode penyembuhan yang manjur adalah dengan bersantai. "Sebisa mungkin istirahatkan area yang terluka dan letakkan es ke lokasi yang sakit setelah cedera terjadi," kata Mysore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement