Kamis 13 Dec 2018 14:03 WIB

Instagram Ungkap Hal Populer Selama 2018

Untuk Indonesia, 2018 menjadi tahun yang dipenuhi rasa cinta dan bangga.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Media sosial Instagram.
Foto: EPA
Media sosial Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat istilah yang mengatakan "biarkan hati yang berbicara". Begitu sering berbicara, hati pun menjadi simbol yang paling sering digunakan dalam media sosial Instagram sepanjang 2018.

Hasil tersebut terlihat dari penghitungan data Instagram Year in Review 2018 yang dilakukan Instagram. Media sosial ini melihat kembali momen, konten dan tren yang terjadi di Instagram dari seluruh dunia. Untuk Indonesia, 2018 menjadi tahun yang dipenuhi rasa cinta dan bangga.

Momen-momen penuh hati itu terlihat seperti ketika kemenangan atlet taekwondo putri Defia Rosmaniar di Asian Games dan pengumuman kehamilan penyanyi Raisa. Simbol hati mendominasi konten di Instagram sepanjang tahun, baik dalam bentuk emoji, GIF, maupun stiker.

Heart Love by Arata menjadi stiker GIF yang paling banyak digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia dan seluruh dunia. Sedangkan Heart Eyes merupakan filter wajah yang paling banyak digunakan di Stories. Emoji hati digunakan lebih dari 14 miliar kali di kolom komentar sepanjang 2018.

Selain itu, beberapa tanda pagar atau tagar pun banyak digunakan dalam sebuah unggahan. Tagar #metoo, #timesup, dan #marchforourlives menjadi tagar dengan pertumbuhan tercepat di Instagram secara global. Sementara #hspn2018, #welovejakarta, dan #BebasSampah2020 menjadi tagar dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Tren komunitas dengan pertumbuhan tercepat di Instagram Indonesia adalah #bestfanarmy, #ketodiet, dan #bisnisanakmuda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement