Ahad 09 Dec 2018 13:35 WIB

'Menangis' Saat Potong Bawang? Ini Alasannya

Air mata yang keluar saat memotong bawang adalah air mata refleks.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Memotong bawang merah/ilustrasi
Foto: wikimedia
Memotong bawang merah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu hal tak menyenangkan ketika memasak mungkin adalah memotong dan mencincang bawang. Betapa tidak, memotong bawang dapat membuat seseorang mengeluarkan air mata dan memberikan rasa yang tidak nyaman.

Sebenarnya, ada beragam trik yang bisa dilakukan untuk mencegah keluarnya air mata saat memotong bawang. Akan tetapi, mungkin tak banyak yang tahu alasan mengapa memotong bawang dapat membuat air mata keluar.

Seperti dilansir di Metro, air mata yang keluar saat memotong bawang adalah air mata refleks. Air mata refleks berbeda dengan air mata basal yang selalu ada melumasi mata. Air mata ini juga berbeda dengan air mata emosional.

Air mata refleks keluar dari kelenjar lachrymal. Kelenjar ini menerima sinyal dari otak untuk mengeluarkan air mata refleks bila mata mendapatkan paparan iritan eksternal.

Saat memotong bawang, ada enzim yang keluar dan mengambang di udara. Ketika di udara, enzim ini menjadi senyawa bernama syn-propanethial-S-oxide. Senyawa inilah yang kemudian memicu keluarnya air mata ketika memotong bawang.

Seiring berjalannya waktu, tubu kemungkinan dapat meningkatkan batas toleransi terhadap syn-propanethial-S-oxide. Akan tetapi tidak ada jangka waktu pasti mengenai kapan toleransi tubuh terhadap syn-propanethial-S-oxide akan meningkat.

Oleh karena itu, orang-orang yang harus memotong bawang mungkin hanya bisa menahan nyeri yang ditimbulkan bawang sampai nyeri itu mereda sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement