Sabtu 08 Dec 2018 13:16 WIB

Keseruan Membuat Ekosistem di Fun Science Republika

Anak-anak diajak membuat ekosistem darat, laut maupun udara dari bahan sederhana.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Gita Amanda
Keseruan peserta Fun Science membuat ekosistem dan jembatan angka di Kantor Republika, Sabtu (8/12).
Foto: Ratna Ajeng Tejomukti/REPUBLIKA
Keseruan peserta Fun Science membuat ekosistem dan jembatan angka di Kantor Republika, Sabtu (8/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Saya yang menggunting, saya yang mewarnai, saya yang menempel," ujar peserta yang mengikuti kegiatan Fun science di kantor Harian Republika, Sabtu (8/12).

Pembimbing dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ina Ana Khoeriah dan Febby Leona Ivani menemani anak-anak bermain sambil belajar IPA dan Matematika. Peserta Fun Science dibagi per kelompok empat hingga enam orang. Mereka diminta untuk membuat ekosistem dari bahan-bahan sederhana.

Setiap kelompok dibagikan kertas karton, kapas, gunting, lem, spidol, dan gambar berbagai makhluk hidup. Selama 30 menit mereka bebas memilih untuk membuat ekosistem baik di darat, laut dan udara. Seluruh kelompok mampu menyelesaikan tugas ini dengan tepat waktu.

photo
Keseruan peserta Fun Science Republika.

"Nggak terlalu sulit, tapi kalau 10 menit nggak cukup waktunya," ujar Nara seorang peserta yang duduk di kelas tiga SD.

Tak hanya satu ekosistem, kelompok Nara membuat dua ekosistem di darat dan udara. Lengkap dengan tumbuhan, berbagai hewan yang hidup di darat dan di udara.

Fun Science yang diselenggarakan satu bulan sekali ini selalu dipenuhi peserta. Kali ini mereka bermain secara kelompok baik untuk IPA maupun Matematika. Sekitar 90 anak dibagi menjadi sembilan kelompok. Terlihat mereka bersemangat untuk mengerjakan bagian masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement