Rabu 05 Dec 2018 18:15 WIB

Hewan Asli Australia Ini Kembali ke Alam Setelah 100 Tahun

Hewan tersebut punah di NSW sejak 1910.

Hewan asli Australia, bilby.
Foto: Flickr
Hewan asli Australia, bilby.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Salah satu hewan asli paling lucu di Australia, bilby, kembali ke alam liar di New South Wales (NSW) untuk pertama kali setelah 100 tahun lebih. Sebanyak 30 hewan berkantung dilepasliarkan ke daerah pelestarian yang sangat terlindungi pada Rabu.

Bilby, kelinci-bandicoots atau hewan omnivora marsupial dengan telinga panjang yang tinggal di gurun dan anggota dari kelurga Peramelemorphia, telah punah di NSW sejak 1910. Saat itu, predator seperti rubah dan kucing melahap populasi hewan lucu itu di alam liar.

Pemerintah NSW juga didorong mengembalikan sejumlah spesies asli lain ke alam liar, termasuk kanguru kecil dengan ekor berkepang, numbat, dan bettong. "Bilby adalah yang pertama dari 13 hewan regional yang punah yang akan kembali ke alam liar melalui proyek 10 tahun NSW Government Saving Our Species," kata Menteri Lingkungan Hidup NSW Gabrielle Upton.

Daerah seluas 5.800 hektare di Wilayah Piliga, yang dikeliling 32 kilometer pagar pelindung dari predator akan melindungi hewan itu dari ancaman dan berisi ekosistem yang diharapkan. "Tujuannya ialah Pilliga akan kembali ke kondisinya pada 200 tahun lalu, sebelum hewan liar yang mengancam merenggut korban mereka," kata Kepala Pelaksana Australian Wildlife Conservancy Tim Allard.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement