Senin 03 Dec 2018 13:55 WIB

6 Cara Berbuat Baik Kepada Diri Sendiri

Kurangi media sosial dan memuji diri jadi cara terbaik berbuat baik ke diri sendiri

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Membahagiakan diri sendiri membuat seseorang mudah mengatasi stres dan kecemasan, peningkatan motivasi, serta sistem imun yang lebih baik
Foto: independent.co.uk
Membahagiakan diri sendiri membuat seseorang mudah mengatasi stres dan kecemasan, peningkatan motivasi, serta sistem imun yang lebih baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita bisa dengan mudah berbuat baik kepada orang lain, tetapi kerap lupa berbuat baik kepada diri sendiri. Padahal, berbagai studi telah menyoroti banyak dampak positif dari kebiasaan yang sering dianggap sepele itu.

Beberapa efeknya yaitu mudah mengatasi stres dan kecemasan, peningkatan motivasi, serta sistem imun yang lebih baik. Berikut enam cara berbuat baik kepada diri sendiri, seperti diulas oleh laman Independent.

1. Memuji diri sendiri

Mungkin terdengar aneh, tapi memuji diri sendiri tidak selalu berarti narsis. Pujilah kelebihan pada diri sendiri agar tergerak untuk terus mengembangkannya serta syukuri semua keunggulan yang Anda miliki.

2. Jadwalkan waktu sendirian

Tidak masalah menginginkan waktu sendirian tanpa siapapun. Jadwalkan waktu khusus untuk diri sendiri untuk melakukan hal favorit. Membaca buku, memakai masker wajah, atau menuliskan apapun yang ada di pikiran.

3. Meditasi

Berdasarkan sederet studi, meditasi telah terbukti meningkatkan kesehatan mental. Kegiatan meditasi seperti kelas yoga kini sangat mudah diakses, ditambah konten pembelajaran yang tersedia via laman daring.

4. Kurangi media sosial

Pada era digital seperti sekarang, penyakit terbesar yang menjangkiti adalah 'scrolling' yang tidak perlu. Berhenti mengakses media sosial sepanjang waktu karena bisa memicu komparasi dengan orang lain.

5. Coba hal baru

Beranjak dari zona nyaman dan mencoba hal baru terasa mengerikan di awal. Kabar baiknya, hal itu akan memaksa pribadi Anda berkembang menjadi lebih baik serta menambah keterampilan dan pengetahuan.

6. Memberi hadiah

Sesekali memberi hadiah untuk diri sendiri seperti cupcake lezat, pakaian baru, atau perjalanan liburan sangat disarankan. Semua itu penting dilakukan karena mengingatkan bahwa Anda adalah sosok istimewa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement