Sabtu 01 Dec 2018 12:11 WIB

SMP Cipta Cendikia Lakukan Field Trip ke KPM

Wisata menyajikan Permainan Matematika Bela Negara.

SMP Cipta Cendikia fieldtrip ke kantor Klinik Pendidikan MIPA (KPM).
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
SMP Cipta Cendikia fieldtrip ke kantor Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program wisata matematika yang diikuti SMP Cipta Cendikia Bogor dilaksanakan dengan cara yang unik. Agar belajar matematika berbeda dari biasanya, pihak sekolah melakukan fieldtrip ke kantor Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Kamis (29/11) lalu, sebanyak 26 siswa kelas 7 datang menggunakan kendaraan sekolah dan memadati area parkir Kantor Klinik Pendidikan MIPA, yang beralamat di Jalan Raya Laladon, Ciomas, Kabupaten Bogor. Selain siswa, tiga guru pendamping juga terlibat dalam wisata tersebut.

Wisata yang diikuti selama dua jam ini menyajikan Permainan Matematika Bela Negara (PMBN), berkunjung ke Toko Matematika (KPM Mart). Sebelum acara inti dimulai, sang trainer, Kak Ihsan dan Kak Sastria memberikan pengantar ice breaking kepada siswa dengan santai dan seru. Sejak awal pembukaan hingga akhir kegiatan, puluhan siswa dan guru dibuat tertawa dengan ulah sang trainer tersebut.

Namun demikian, acara tetap begitu bermakna dengan penyajian materi motivasi cara berpikir suprarasional oleh Ryky Tunggal Saputra Aji. Sang motivator juga membangun kesadaran berpikir siswa agar menjadi generasi yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia dengan mengoptimalkan tiga antena kehidupan, yakni akal, hati, dan panca indera.

photo
SMP Cipta Cendikia mengunjungi Klinik Pendidikan MIPA.

Sri Sugiharti selaku guru pendamping mengatakan, penggunaan PMBN sebagai sarana belajar matematika dinilai tepat. Apalagi, PMBN juga memuat unsur pendidikan karakter dan bela negara.

“Saya rasa wisata ini sukses membuat antusias anak-anak. Walaupun pada dasarnya belajar, namun dikemas dengan sebuah permainan sehingga menimbulkan kesan berbeda saat belajar,” ujar Sri Sugiharti seperti dalam siaran pers KPM.

Sementara itu, salah satu siswa Daary Taqy Syam mengaku wisata kali ini begitu berkesan. “Tidak hanya belajar matematika, di dalamnya terdapat ilmu-ilmu kehidupan yang jarang kita dapatkan di tempat lain,” pungkasnya.

Bagi sahabat yang ingin bergabung dan menikmati wisata matematika bersama tim KPM, silahkan dapat menghubungi  Misbah di nomor 0812-8188-2562.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement