Ahad 25 Nov 2018 10:30 WIB

Panitia Siap Gelar Penyisihan KMNR 14

Babak penyisihan KMNR 14 pun menjalar hingga Papua.

Ajang bergengsi Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia ke-14 segera digelar.
Foto: KPM
Ajang bergengsi Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia ke-14 segera digelar.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ajang bergengsi Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia ke-14 segera digelar. Babak penyisihan digelar pada 25 November 2018 yang bertepatan dengan hari Guru Nasional.

Ini menjadi momentum yang dinantikan para pelajar, guru, dan orang tua guna menjajal kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika berbasis Matematika Nalaria Realistik (MNR). Sekaligus ajang uji kemampuan bernalar dalam matematika bagi para pelajar.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) selaku penyelenggara event terbesar di Indonesia sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari Uji Soal MNR pada September-Oktober, yang diikuti 352.088 pelajar kelas 1 SD hingga 12 SMA di berbagai daerah di Indonesia. Uji Soal MNR ini selain untuk mengukur kemampuan HOTS siswa juga digunakan sebagai seleksi tingkat sekolah

Dengan sudah menjalarnya demam KMNR ke berbagai daerah, Klinik Pendidikan MIPA berharap kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan peserta mengikuti kompetisi dengan jujur dan sportif. Lalu, bagaimana persiapan sehari jelang babak penyisihan KMNR 14?

Dilansir dari website www.kpmseikhlasnya.com, total penyelenggara babak penyisihan tahun 2018, sebanyak 108 wilayah dari 21 provinsi di Indonesia. Setidaknya sebanyak 93.891 peserta siap memadati lokasi yang telah tersebar dan sudah ditentukan.

Informasi yang berhasil dihimpun, wilayah Medan yang digawangi Amri Makmur Nasution mengaku kondisinya siap menyambut 2.615 peserta penyisihan KMNR di tahun ke-3. Penyisihan KMNR di Medan bertempat di Gedung Serbaguna Pemprov Sumatra Utara.

“Persiapan sudah hampir rampung, pada Jumat (23/11). Kami sudah menggelar technical meeting. Berbagai antisipasi dan koordinasi pun telah kami siapkan untuk event terbesar di Indonesia ini,” ungkap Amri Makmur Nasution yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, MTs Al-Washliyah Tembung, Medan ini.

Amri Makmur Nasution menambahkan, pihaknya hanya menyelesaikan pekerjaan yang bersifat minor, seperti: pemasangan spanduk, petunjuk lokasi, kelayakan pengeras suara hingga gladi bersih kegiatan.

photo
Ajang bergengsi Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia ke-14 segera digelar.

Sementara itu, wilayah Jawa Timur juga terus berupaya agar pelaksanaan penyisihan KMNR berjalan dengan lancar. Hal ini dibenarkan oleh Andika Dwi Agus Prastyo selaku staf KPM Cabang 1 Surabaya.

“Alhamdulillah dari wilayah Jawa Timur secara intens sudah melakukan koordinasi dengan para PJ Se-wilayah timur. Rangkaian persiapan pun telah dilakukan, seperti pendistribusian soal hingga petunjuk pelaksanan,” kata Andika.

Andika pun menyebutkan antusias masyarakat di Jawa Timur sangat luar biasa. Buktinya, ada lebih dari angka 200 ribu lebih peserta mengikuti Uji Soal MNR dan pada penyisihan ini tercatat mencapai 54.534 peserta. “Selain itu, pantauan di berbagai media sosial, para orang tua terlihat antusias menyambut penyisihan KMNR, dengan update status anaknya lolos ke penyisihan,” tuturnya.

Animo babak penyisihan KMNR 14 pun menjalar hingga Papua. SD Smart Kids Timika menjadi lembaga yang ikut serta meramaikan gelaran event nasional.

“Meskipun pertama kali digelar, mendapat respon cukup positif dari orang tua dan peserta. Tahun ini dari Timika terpilih 56 peserta mengikuti babak penyisihan. Semoga hal ini menjadi awal yang baik dan memotivasi pelajar di Timika,” ungkap Rika Utami selaku penanggung jawab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement