Senin 19 Nov 2018 06:47 WIB

Lagu Ed Sheeran Paling Banyak Dipilih untuk Mengantar Tidur

62 persen responden melaporkan mendengarkan musik untuk tertidur.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ed Sheeran
Foto: EPA
Ed Sheeran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang dewasa masih memilih musik sebagai pengantar tidur. Salah satunya melalui lagu dari Ed Sheeran daripada "Twinkle Twinkle Little Star".

Sebuah penelitian baru oleh para peneliti di Universitas Sheffield, yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, berusaha menemukan bagaimana orang menggunakan musik untuk membantu mereka tidur. Dari 651 responden, 62 persen melaporkan mendengarkan musik untuk tertidur. Mereka percaya musik merangsang tidur dan memungkinkan untuk menutup gangguan eksternal.

Dilansir di The Guardian, Sabtu (17/11), penelitian juga mengungkapkan beragam piliha, dengan responden mengutip 545 seniman dari 14 genre. Musisi Sheeran salah satu yang paling sering direferensikan, bersama dengan Bach, Mozart, Brian Eno, Coldplay, dan Chopin.

Efek fisiologis dan psikologis musik dalam menidurkan orang belum sepenuhnya dipahami. Musik diketahui bekerja pada sistem saraf parasimpatik dan dapat menurunkan tingkat jantung dan pernapasan, serta tekanan darah.

Bagi mereka yang menggunakan musik sebagai alat bantu tidur, dibutuhkan sekitar tiga pekan untuk mencapai efek penuhnya. Organisasi nirlaba AS yang mempromosikan pemahaman tentang gangguan tidur dan tidur, Sleep Foundation juga merekomendasikan memilih gaya musik yang Anda kenal dan lebih disukai yang relatif lambat, sekitar 60 hingga 80 beat per menit.

Beberapa musik telah dirancang khusus untuk tidur. Pada 2015, komposer Max Richter merilis Sleep, sebuah album komposisi string, organ, vokal, synths, dan elektronik. Album tersebut memiliki durasi 8,5 jam dan dikembangkan bersama ahli saraf David Eagleman.

Penasihat tidur sering mengatakan jazz, klasik, dan folk adalah genre yang paling berharga bagi mereka yang ingin tidur. Lagu-lagi Sheeran mungkin menjadi pilihan yang tidak biasa. Namun, studi Sheffield bukan yang pertama mengatakan lagu Sheeran kondusif untuk tidur.

Ketika layanan streaming musik Spotify menganalisis daftar putar Sleep penggunanya, ia menemukan Sheeran sebagai artis yang paling sering dipilih. Faktanya, tiga lagu paling populernya di Spotify semuanya berada sedikit di atas tingkat bpm ideal untuk tidur.

"Perfect" memiliki 95 bpm, "Shape of You" di 96 bpm, dan "Happier" di 90 bpm. Seluruhnya tidak lebih lambat dari 117-122 bpm yang telah mencirikan musik paling populer dari 1940-an hingga saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement