Rabu 31 Oct 2018 02:04 WIB

Alasan Selalu Bersyukur Menjadi Orang Indonesia

Indonesia memiliki keberagaman suku.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, Raden Ridwan Hasan Saputra
Foto: Dok. Klinik Pendidikan MIPA
Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, Raden Ridwan Hasan Saputra

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Banyak cara bisa dilakukan untuk memahami keberagaman. Kuncinya ada di cara pandang.

Pendiri Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra mengatakan dia bangga dengan keberagaman yang dimiliki Indonesia. "Saya punya pengalaman syuting video matematika dengan menggunakan 26 pakaian adat di nusantara. Dan saya bangga mengenakannya," ujar dua.

 

Dia mengaku bersyukur menjadi orang Indonesia karena bisa berjiwa suku bangsa apa saja. Dia juga bisa belajar kelebihan-kelebihan dari suku bangsa yang ada di nusantara.

 

"Jika ingin jadi pedagang jadilah orang yang mempunyai jiwa orang Minang. Jika ingin jadi pelaut ulung jadilah orang mempunyai jiwa orang Bugis. Jika ingin pandai berbicara/negosiasi jadilah orang yang mempunyai jiwa orang Batak," ucapnya.

 

Menurut dia, jika ingin sukses dalam suatu profesi maka miliki jiwa suku bangsa Indonesia yang hebat dalam profesi tersebut. Walaupun suku bangsa berbeda, setiap suku bangsa memiliki keunggulan di profesi tersebut.

 

"Kesimpulan saya. Kita harus bersyukur menjadi orang indonesia karena kita mempunyai ragam suku bangsa yang mempunyai aneka kelebihan. Hal yang kadang kita lupa adalah belajar menjiwai kelebihan-kelebihan yang dimiliki suku bangsa tersebut. Supaya kita menjadi orang besar dan Indonesia menjadi bangsa besar," ujanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement