Senin 22 Oct 2018 17:40 WIB

Dua Pelajar KPM Ikut Bersaing di Kamp Sains Internasional

KPM menjadi satu-satunya lembaga di Indonesia yang diundang ke ajang MISC.

    Siswa KPM ikut dalam kamp sains internasional di Malaysia.
Foto: KPM
Siswa KPM ikut dalam kamp sains internasional di Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAWI -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali mengirimkan dua pelajarnya ke ajang internasional. Event yang diikuti KPM kali ini adalah 1st Malaysia International Science Camp (MISC)  2018. Acara yang diprakarsai Kedah State Education Departement, Kementerian Pendidikan Malaysia, digelar pada tanggal 13-15 Oktober 2018.

Dua pelajar KPM tersebut adalah Teuku Athmarsyah Ali (SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta) dan Majahayyu Rachmani Harju (SDIF Al Fikri Depok). Athmar dan Maja merupakan dua dari 122 peserta lain yang mendapatkan pengalaman menarik mengikuti aktivitas kamp sains. Selain Indonesia, negara peserta kamp sains adalah Filipina, Thailand, dan Malaysia selaku tuan rumah.

Kepala Divisi Lomba, Muchammad Fachri, menjelaskan acara yang berpusat di Langkawi-Kedah bertujuan memfasilitasi dan memberikan ruang pengembangan minat dan bakat siswa atau siswi dalam peningkatan kemampuan pemahaman sains yang berkaitan dengan pendidikan Science, Technology, Enginering and Mathematic (STEM).

“Adapun bentuk kegiatannya berupa eksperimen dan pemberian materi tentang sains, yang meliputi science exploration, discovery of science, STEM innovation, STEM conclusion, STEM conclusion and STEM friendship exchange program,” jelas Fachri seperti dalam siaran pers, Senin (22/10).

photo
Siswa KPM ikut dalam kamp sains internasional di Malaysia.

Keikutsertaan dua siswa KPM merupakan suatu anugerah karena KPM menjadi satu-satunya lembaga di Indonesia yang diundang ke ajang MISC. Rupanya, tim dari Indonesia pun memiliki pengalaman berharga dan menarik untuk dibagikan kepada publik.

Teuku Athmarsyah Ali (8 tahun) mengaku bersyukur dapat mengikuti science camp di Malaysia bersama KPM. “Alhamdulillah, senang pulang dapat oleh-oleh ilmu dan souvenir,” ujar siswa kelas 3 SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta ini.

Bagi Maja (sapaan Majahayyu Rachmani Harju), event science camp di Malaysia merupakan ajang menambah teman baru, di antaranya Asfa dan Vivi yang merupakan teman baru asal Kedah. Selain itu, aktivitas yang beragam, banyak, dan bermanfaat membuat siswi kelahiran Pamekasan sembilan tahun silam ini bersemangat mengikuti kegiatan MISC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement