Rabu 10 Oct 2018 02:56 WIB

'Surat Tuhan' Einstein akan Dilelang

Einstein menyampaikan kritik terhadap identitas Yahudi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Albert Einstein
Foto: mlahanas.de
Albert Einstein

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah surat tulisan tangan ilmuwan Albert Einstein tentang Tuhan, Alkitab, dan identitas Yahudi akan dilelang pada 4 Desember di rumah lelang Christie yang berlokasi di New York City Amerika Serikat (AS). Surat tulisan tangan yang lebih dikenal 'Surat Tuhan' ini ditulis setahun sebelum kematian Einstein pada 1955.

Seperti yang dikutip dari Live Science, Selasa (9/10), rumah lelang Christie memperkirakan surat itu akan terjual antara 1 juta dolar AS dan 1,5 juta dolar AS.

Einstein menulis surat pada Januari 1945 pada filsuf religius Erik Gutkind setelah membaca bukunya berjudul Choose Life: The Biblical Call to Revolt (Schuman, 1952). Einstein memulai suratnya yang ditulis dengan bahasa Jerman dengan memuji Gutkind karena berbagi impuls umum dari perjuangan untuk perbaikan dan penyempurnaan eksistensi. Kemudian ia mempermasalahkan kereligiusan Gutkind.

photo
Tulisan tangan Einstein tentang Tuhan.

“Kata Tuhan bagi saya tidak lain adalah ekspresi dan produk kelemahan manusia. Alkitab adalah kumpulan legenda mulia tetapi masih agak primitif,” tulis Einstein yang mengaku bukan atheis (diterjemahkan dalam bahasa Inggris).

“Tidak ada interpretasi, tidak peduli seberapa cerdik, dapat (bagi saya) mengubah apapun tentang ini,” katanya lagi.

Lebih lanjut dalam suratnya, Einstein menyampaikan kritik terhadap identitas Yahudi, khususnya mempertanyakan pernyataan orang Yahudi adalah orang terpilih.

“Orang Yahudi  yang dengan senang hati saya ketahui dan yang mentalitasnya saya rasakan berlabuh, masih bagi saya tidak memiliki martabat yang berbeda dari semua bangsa lain,” tulisnya.

“Sejauh pengalaman saya sebenarnya tidak lebih baik daripada kelompok manusia lainnya, bahkan jika mereka dilindungi dari perbuatan terburuk oleh kurangnya kekuatan. Sebaliknya, saya tidak dapat melihat apapun yang terpilih tentang mereka,” ujar Einstein masih dalam tulisannya.

Surat Tuhan Einstein dijual sebelumnya dilelang di eBay pada 2012. Pembeli anonim membelinya seharga 3.000.100 dolar AS.

Sebelum itu, pada 2008, 'Surat Tuhan' dilelang di Bloomsburry Auctions, London seharga 404.000 dolar AS. Kali ini anda tidak perlu menjadi seorang jutawan untuk melihat langsung. Rumah lelang Christie akan memajang surat tersebut untuk umum mulai 30 November dan lelang dimulai pada 4 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement