Sabtu 29 Sep 2018 19:35 WIB

Mahasiswa UNS Buat Aplikasi Cek Kematangan Buah

Aplikasi Perfect meraih juara tiga dalam kompetisi LKTI.

Buah pepaya matang di pohon.
Foto: Republika/Wihdan
Buah pepaya matang di pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menciptakan aplikasi bernama Perfect. Aplikasi ini untuk membantu para petani mengetahui kondisi hasil panennya.

Pencipta aplikasi Perfect Ratih Rachmatika mengatakan Perfect ini kepanjangannya 'perishable food maturity and freshness detector'. Perfect adalah aplikasi berbasis android yang mampu mengidentifikasi tingkat kematangan dan kesegaran buah.

Ia mengatakan aplikasi tersebut dibuat untuk meningkatkan kualitas ekspor produk makanan yang tidak tahan lama di Indonesia. Keunggulan Perfect adalah dilengkapi dengan tiga fitur sekaligus, yaitu perfect maturity, perfect fresh food, dan perfect fertilizer.

Menurut dia, perfect maturity berguna untuk mengidentifikasi kematangan buah.     "Sedangkan 'perfect fresh food' untuk mengukur kesegaran buah dan 'perfect fertilizer' bisa digunakan petani untuk menentukan takaran pupuk yang sesuai ketika menanam buah," katanya.

Ia mengatakan cara penggunaan aplikasi tersebut terbilang sangat mudah, yaitu buah yang ingin diperiksa cukup difoto menggunakan kamera ponsel. Selanjutnya, hasil foto dipotong untuk memperkecil resolusi gambar sehingga mempermudah dalam menentukan tingkat kematangan dan kesegaran buah berdasarkan citra warna kulit buah.

"Setelah itu, tekan tombol 'proses' untuk mengetahui hasilnya. Pada prinsipnya aplikasi untuk mengukur tingkat kematangan dan kesegaran buah menggunakan citra warna belum ada di Indonesia. Kalau saya lihat adanya di luar negeri, tetapi itu menggunakan sensor bau. Jadi ini belum ada kompetitornya," katanya.

Ia mengatakan aplikasi tersebut dapat digunakan oleh siapa saja dan tidak terbatas untuk kalangan petani saja.      "Untuk masyarakat misalnya mereka ingin mengecek kualitas makanan masih bagus atau tidak, pengguna yang awam juga bisa. Pengepul hingga toko ritel juga dapat menggunakannya," terangnya.

Aplikasi Perfect ciptaan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tersebut berhasil meraih juara tiga dalam kompetisi karya tulis ilmiah (LKTI) nasional yang diselenggarakan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement