Sabtu 29 Sep 2018 14:08 WIB

Belajar Matematika tak Harus Lewat Kertas

Pelajaran matematika dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Peserta mengikuti kegiatan Fun Science di Kantor Harian Republika, Jakarta, Sabtu (25/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Peserta mengikuti kegiatan Fun Science di Kantor Harian Republika, Jakarta, Sabtu (25/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika kembali menggelar kegiatan rutin Fun Science untuk para siswa Sekolah Dasar (SD) pada Sabtu (29/9). Kegiatan belajar sambil bermain sains dan matematika ini diampu oleh tim Klinik Pendidikan Mipa (KPM).

Staf Litbang Matematika KPM Rathri Candra Dewi mengatakan kegiatan Fun Science ini diikuti oleh 50 orang. Mayoritas peserta datang dari sekolah-sekolah di Jakarta. Untuk hari ini, matematika fokus pada tema bangun datar dan bangun ruang.

Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Rathri mengungkapkan para peserta juga sempat kaget ketika sesi matematika tidak menggunakan buku tulis.

"Mungkin terbiasa sehari-hari mereka belajar matematika pasti selalu melibatkan angka, pulpen, kertas. Tapi ternyata tadi bentuk permainan matematikanya memang agak berbeda," ujar Rathri, Sabtu (29/9).

Selain itu melalui Fun Science Republika ini, kata Rathri, KPM memperkenalkan matematika tidak hanya melalui aktivitas menulis dan belajar angka, tetapi juga lewat permainan.

"Itu biar mereka tidak takut dengan matematika. Kalau misalkan kaku polanya itu-itu saja, pasti mereka akan bosan," katanya.

Sisi lain, Rathri memiliki tip agar siswa SD menyenangi pelajaran matematika. Pertama, buatlah kegiatan belajar matematika yang menyenangkan agar menarik perhatian mereka. Kedua, mengaplikasikan pelajaran matematika ke dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement