Selasa 18 Sep 2018 11:28 WIB

SpaceX Umumkan Penumpang Wisata Ruang Angkasa Pertamanya

Yusaku Maezawa adalah direktur eksekutif ritel daring Zozo

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Roket SpaceX
Foto: Ubergizmo
Roket SpaceX

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan transportasi ruang angkasa SpaceX mengumumkan nama penumpang pertamanya. Dia adalah Yusaku Maezawa, pendiri sekaligus Direktur Eksekutif ritel fashion daring Zozo. 

Mantan personel bank punk yang juga miliuner itu akan berwisata ke bulan dengan menumpangi Big Falcon Rocket. Hal ini menjadi babak baru dalam perlombaan komersialisasi wisata ruang angkasa.

Dikutip dari Reuters pada Senin (17/9), identitas Maezawa diungkap dalam sebuah acara di pabrik roket SpaceX di Los Angeles, Amerika Serikat.

Pemilik SpaceX Elon Musk sebelumnya juga sudah membocorkan ciri-ciri penumpang pertamanya. Musk sempat mencuitkan gambar bendera Jepang lewat akun Twitternya pada pekan lalu.

Kemudian, dia mencuitkan gambar Big Falcon Rocket (BFR) yang akan menjadi kendaraan pengangkut penumpang dari bumi menuju bulan. Roket itu juga direncanakan dapat menerbangkan manusia serta kargo ke Mars. 

photo
Pendiri SpaceX, Elon Musk

Meski BFR belum selesai dibangun, Musk menyebut roket itu akan siap untuk perjalanan tanpa pilot ke Mars pada 2022. Sementara, pada 2024, roket itu sudah siap terbang dengan membawa kru.

Untuk saat ini, SpaceX berencana untuk terbang mengorbit bulan. Belum diketahui, berapa biaya yang dibayarkan Maezawa untuk perjalanan tersebut.

Selain SpaceX, perusahaan milik Jeff Bezos Blue Origin dan perusahaan milik Richard Branson Virgin Galactic berlomba-lomba untuk meluncurkan penerbangan ke ruang angkasa. Penumpang SpaceX akan menyusul sejumlah nama selebritas dan orang-orang super kaya dunia yang telah memastikan kursi dari sejumlah perusahaan tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement