Senin 17 Sep 2018 18:20 WIB

Tip Penggunaan Drone Untuk Vlog Ala Kevin Hendrawan

Vlogger harus mengetahui regulasi tempat drone tersebut diterbangkan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kevin Hendrawan
Foto: Noer Qomariah/Republika
Kevin Hendrawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era sekarang, YouTube menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Banyak vlogger (pembuat konten video log) membuat konten informatif nan menarik di masing-masing channel YouTube mereka.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Kevin Hendrawan. Ia memulai perjalanan menjadi seorang vlogger sejak 2016. Sebelumnya, ia lebih dulu dikenal sebagai pemenang L-Men of The Year 2014 dan pembawa acara televisi. 

Awal kesuksesannya dimulai ketika Kevin membuat konten video permainan Pokemon Go. Konten video itu ditonton oleh dua juta penonton. Sampai saat ini, channel YouTube Kevin memiliki lebih dari satu juta subscriber. 

Selain menggunakan kamera untuk merekam gambar, pria kelahiran 1992 ini juga menggunakan drone. Ia memiliki tips penggunaan drone untuk memperkaya gambar dalam vlog. 

Pertama sangat penting bagi Kevin untuk mengetahui peraturan lokasi ketika ingin menerbangkan drone. Setiap lokasi bisa saja memiliki peraturan yang berbeda-beda. 

"Kalau untuk pakai drone yang paling penting sebelum kita terbangin,kita baca dulu regulasi setempat apa yang boleh dan ga boleh," kata Kevin Hendrawan usai acara Vlog Competition Beswan Djarum 2017/2018 di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Ahad (16/9). 

Kevin juga memastikan dronenya berada di jarak pandang mata. "Jadi, (dronenya) nggak hilang," ujarnya. 

Selain itu, Kevin juga membagikan tips teknis agar menghasilkan rekaman video yang baik untuk vlog. Pria yang lahir di Purwokerto ini menggunakan lensa wide angle dan tripod agar gambar rekaman video tetap stabil. 

Selanjutnya, suara harus terdengar jelas. Lebih baik lagi jika menggunakan tambahan mikrofon. 

Terakhir, carilah tempat yang memiliki pencahayaan yang baik dan terang. "Soalnya kalau gelap nanti rekamannya jadi ada titik-titik putihnya atau granny," kata Kevin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement