Ahad 16 Sep 2018 12:47 WIB

Penjelasan Ilmiah di Balik Fenomena Lupa dan Ingatan

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Yudha Manggala P Putra
Prof Taruna Ikrar dalam acara bersama Jaringan Indonesia, Kamis (2/6).
Foto: ist
Prof Taruna Ikrar dalam acara bersama Jaringan Indonesia, Kamis (2/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sifat pelupa tidak lepas dari fitrah kemanusiaan. Rasulullah SAW bersabda, “Manusia adalah tempatnya salah dan lupa” (HR Muslim).

Namun, bagaimana perspektif ilmiah menjelaskan lepasnya ingatan seseorang? Menurut pakar neurosains Prof Taruna Ikrar, lupa berkaitan dengan proses kerja dan memori di otak.

Dalam kondisi normal, lanjut dia, lupa dapat menjadi mekanisme pertahanan diri dari berbagai aspek penyebab tekanan psikologis. Maka dari itu, fenomena lupa toh ada gunanya.

Akan tetapi, di sisi lain, sifat pelupa mengindikasikan ciri-ciri penyakit tertentu, semisal Alzaheimer. Orang-orang tua juga tidak luput dari kecenderungan pikun.

“Peristiwa luar biasa yang menggetarkan hati kita tentu akan tetap diingat, tetapi kejadian yang biasa-biasa saja sangat mudah dilupakan,” kata ilmuwan kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, itu membuka pembicaraan, Ahad (16/9).

Lawan daripada lupa adalah ingat. Secara neurosains, kata Taruna, ingatan adalah proses kerja otak yang disertai penyimpanan memori di dalam sistem sinapsis antara neuron.

Daya ingat berkaitan langsung dengan proses belajar karena memungkinkan seseorang untuk menyimpan dan mengambil informasi yang telah dipelajari. “Dengan demikian, daya ingat atau memori tergantung pada proses belajar. Demikian pula belajar juga tergantung pada memori,” ujarnya.

Dalam kajian neurosains, ada tiga jenis memori yang bekerja di dalam otak manusia. Pertama, memori sensorik yang menerima informasi melalui serapan pancaindera. Prosesnya berlangsung dalam waktu yang sangat singkat.

Kedua, memori jangka pendek yang berfungsi mencatat segala peristiwa yang dialami seseorang, tetapi sifatnya sementara. Misalnya, kita dapat mengingat paras wajah kenalan atau deretan nomor telepon yang kita ketik di ponsel. Namun, segenap informasi itu akan lekas hilang kecuali bila kita secara sadar berupaya untuk mempertahankannya.

“Memori jangka pendek memiliki kapasitas penyimpanan hanya sekitar tujuh item dan berlangsung hanya beberapa puluh detik,” ungkap dekan California School of Biomedical Sciences (CSBS), Amerika Serikat, itu.

Ketiga, memori jangka panjang yang bertugas menyimpan semua peristiwa penting yang pernah dialami seseorang. Sifat permanen itu terjadi karena memori tipe ini mempertahankan makna kata-kata dan/atau keterampilan fisik yang telah dipelajari. Jangka waktunya dapat berlangsung dalam hitungan hari, bulan, tahun, atau bahkan seumur hidup.

Memori jangka panjang dibagi lagi menjadi dua, yakni eksplisit dan implisit. Memori eksplisit berfungsi merekam segala ingatan yang dapat diungkapkan kata-kata. Misalnya, kapan seseorang berulang tahun atau pengalaman yang ingin disampaikan kepada seorang kawan.

Adapun memori implisit diungkapkan dengan cara yang tidak memerlukan kata-kata. Umpamanya, seseorang yang mengendarai sepeda atau mengencangkan tali sepatu. Dia tidak perlu mengungkapkan “hapalan” dengan kata-kata, melainkan keterampilan motorik yang ditunjukkannya langsung melalui gerakan.

Ilmuwan yang berusia 49 tahun ini juga menerangkan kiat-kiat meningkatkan daya ingat. Pertama, seseorang hendaknya sering mengulang hal-hal yang menurutnya penting. Dengan begitu, sensasi sistem saraf senantiasa diperkuat pada pusat memori di otak.

“Kedua, mengorganisasi dengan baik proses belajar, sehingga secara sistematis ingatan terstruktur dengan baik. Ini pada akhirnya memudahkan ingatan. Ketiga, mengonsumsi makanan yang sehat, yakni (mengandung) protein-protein yang dibutuhkan untuk proses kerja dan regenerasi sistem saraf,” jelas wakil ketua PB Ikatan Dokter Indonesia ini (2000-2003).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement