Sabtu 08 Sep 2018 02:21 WIB

Pertama Kalinya, eSports Hadir di Popcon Asia

Olahraga esport makin dikenal semenjak masuk di Asian Games 2018 dan Olimpiade Tokyo

Rep: Adinda Pryanka / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pengujung mencoba permainan berteknologi VR saat mengunjungi pameran Popular Culture Convention (Popcon) Asia 2017 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Ahad (6/8).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pengujung mencoba permainan berteknologi VR saat mengunjungi pameran Popular Culture Convention (Popcon) Asia 2017 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Ahad (6/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Festival industri kreatif berskala internasional Popcon Asia 2018 akan menghadirkan kompetisi permainan daring atau electronic sport (eSports) yang diberi nama Celebration Cup. Kompetisi ini diadakan untuk pertama kalinya seiring dengan eSports yang semakin menjadi perhatian banyak orang.

CEO POPCON.Inc Yenny Wangsawidjaja menuturkan, kompetisi eSports digelar sebagai bentuk dukungan pada perkembangan eSports di tanah air. Kepopuleran eSports sudah tidak diragukan lagi, terlihat dari kompetisi eSports di Indonesia yang semakin banyak jumlahnya.

Potensi ini menarik perhatian Popcon Asia untuk menggelar kompetisi dan memberi wadah bagi para atlet potensial untuk mengasah kemampuan mereka di level nasional.

"Masuknya kategori eSports di Asian Games 2018 dan Olimpiade Tokyo 2020 juga semakin mengukuhkan bahwa olahraga yang satu ini memang mempunyai banyak peminat dan tidak kalah populer dengan olahraga lain pada umumnya. Jadi sangat tepat rasanya jika POPCON Asia 2018 juga mulai memasukan eSports, agar para atlet talenta eSports juga bisa memiliki wadah, di Popcon Asia," ujar Yenny dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (4/9).

Kompetisi eSports diselenggarakan atas kolaborasi Agcon dengan goodhouse dan dibantu oleh Supreme League dan Nimpuna. Ada dua game yang akan dipertandingkan di Celebration Cup, yakni Mobile Legends: Bang Bang dan DOTA 2. Siapa saja dapat mengikuti kompetisi dengan total hadiah Rp 160 juta ini dengan mendaftar di laman esport.popconinc.com.

Yenny menjelaskan, masih banyak hal seru lainnya yang akan bisa dinikmati di Popcon Asia 2018. Di antaranya, wahana Rumah Pengabdi Setan hasil kerjasama dengan Pandora Experience yang bisa menjadi ajang uji nyali para pengunjung.

Bagi penggemar film-film Indonesia, tahun ini POPCON bakal memboyong beberapa cast dari film Hello Salma, sekuel Dear Nathan (2017). Selain itu, ada juga pemeran film Dreadout dan Foxtrot 6, film fiksi ilmiah dari produser kenamaan Hollywood, Mario Kassar, yang bakal tayang di bioskop-bioskop penjuru Nusantara pada awal tahun 2019.

Beberapa tambahan bintang dalam negeri yang akan meramaikan Popcon Asia 2018 adalah pemerhati anak Seto Mulyadi yang sebelumnya sempat populer menjadi bahan meme generasi milenial. "Reino Barack, kreator dari Satria Heroes akan hadir dan mengumumkan serial barunya," ujar Yeyen.

Popcon Asia merupakan event  terkemuka di Indonesia terkait industri kreatif, terutama komik, mainan, film, dan animasi dari kreator lokal dan internasional. Popcon Asia bertujuan mengembangkan hak kekayaan intelektual para kreator Indonesia, dan mempromosikannya ke dunia. Pada tahun 2018 ini, Popcon Asia diselenggarakan untuk yang ketujuh kalinya pada 22-23 September di ICE BSD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement