Jumat 31 Aug 2018 12:13 WIB

Serunya Belajar Matematika Lewat Permainan Kartu Nara

Kartu Nara dapat meningkatkan kemampuan nalar anak melalui strategi yang dilakukan.

Tak hanya anak-anak Kartu Nara juga dapat dimainkan oleh guru dan orang dewasa lainnya.
Foto: KPM
Tak hanya anak-anak Kartu Nara juga dapat dimainkan oleh guru dan orang dewasa lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, CIOMAS -- Ada yang mengatakan jika belajar matematika itu sulit. Mungkin masih banyak ungkapan lain yang menggambarkan kengerian saat menghadapi pelajaran berhitung yang satu ini, terutama bagi kalangan anak-anak.

Namun, bagaimana jika belajar matematika disajikan dalam sebuah permainan? Melihat kondisi ini, pegiat pendidikan yang juga merupakan Tokoh Perubahan Republika 2013, yakni Raden Ridwan Hasan Saputra menciptakan permainan unik agar anak-anak menyenangi matematika. Permainan itu bernama Kartu Nara atau Nara Game.

Kartu Nara (Nata Alam Raya/Nara Game) merupakan sebuah permainan kartu yang diperuntukkan bagi siswa untuk melatih operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, manfaat dari permainan ini juga memperkenalkan tentang bilangan terbesar, bilangan terkecil hingga pecahan sederhana.

Kartu Nara cocok dimainkan bagi kalangan pelajar SD, SMP, SMA, guru, hingga kalangan masyarakat umum. Di dalam permainan ini juga telah disediakan kartu dari angka 0-9 sebanyak enam set (total ada 60 kartu), aturan permainan, dan papan panduan operasi.

photo
Anak-anak belajar matematika dengan bantuan Kartu Nara.

Keunggulan dari permainan ini adalah sederhana dan mudah dipahami aturan bermainnya. Selain itu, mudah untuk dibuat sebagai alat peraga dan menyenangkan sebagai wujud praktik berhitung dasar.

"Bahkan, Kartu Nara dapat meningkatkan kemampuan nalar anak melalui strategi yang dilakukan dalam rangka memenangkan permainan,” ujar Litbang Klinik Pendidikan MIPA, Teguh Imam Agus Hidayat, seperti dalam siaran persnya.

Permainan Kartu Nara sudah bisa didapatkan di Toko Matematika, Laladon, Ciomas-Kabupaten Bogor. Bagi yang berminat untuk memiliki permainan tersebut dapat memesan atau menghubungi tim Toko Matematika di nomor 081284585755. Adapun harga permainan Kartu Nara cukup terjangkau, yakni Rp 20 ribu untuk satu paket permainan.

Selain mengusung tema “Belajar Matematika lewat Permainan”, permainan ini ditunjukkan agar anak-anak tak hanya bermain gadget, tetapi juga melakukan gerak fisik (tangan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement