Selasa 21 Aug 2018 13:01 WIB

Kemenkominfo Uji Coba Wi-Fi 5G di Kota Tua

Masyarakat bisa mencoba akses dengan kecepatan tujuh kali lipat Wi-Fi sebelumnya.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Gita Amanda
Kota Tua
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Kota Tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan XL Axiata menggelar uji coba layanan teknologi telekomunikasi berbasis 5G di kawasan Kota Tua Jakarta. Masyarakat bisa mencoba akses wireless gigabit atau WiGig, Wi-Fi dengan kecepatan tinggi, tujuh kali lipat dari akses Wi-Fi yang ada selama ini.

"Kalau teknologi 5G untuk mendukung korporasi dan manufaktur, tapi WiGig manfaatnya lebih untuk konsumen. Tadi saya udah uji coba," kata Menteri Kominfo Rudiantara dalam acara "Uji Coba 5G dan WiGig untuk Mendukung Jakarta Smart City", melalui keterangan tertulis, Senin (20/8).

Rudiantara menjelaskan, uji coba ini merupakan salah satu bentuk peran pemerintah sebagai fasilitator. Ia mengatakan, pemerintah tidak lagi hanya bekerja sebagai penentu kebijakan atau regulator, tetapi menjadi pihak yang memberikan fasilitas bagi masyarakat.

Fasilitas ini diperlukan untuk mewujudkan Indonesia yang menjadi terdepan dalam kecepatan akses internet. "Tahun 2019 harusnya Jakarta dan Singapura bisa 11-12 beda tipislah. Kita punya satu tahun lagi, tapi semua harus bergerak, baik vendor, operator, dan pemerintah, baik pusat dan daerah,” kata Rudiantara menjelaskan.

Teknologi 5G dan WiGig ini akan diterapkan dalam aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan. Uji coba yang dilakukan mencakup penerapan 5G pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, peliharaan kebersihan sungai, serta WiGig untuk kamera surveillance (CCTV). Selain itu, layanan internet kecepatan tinggi melalui Wi-Fi ini juga langsung bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung di sekitar area uji coba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement