Senin 20 Aug 2018 13:26 WIB

Youtuber Perempuan Buat Sains Jadi Menyenangkan

Youtuber perempuan ini membagi ilmu mulai dari gravitasi hingga memilih tabir surya

Rep: Nora Azizah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Youtube
Foto: AP
Youtube

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Belajar tidak berhenti meski jam pelajaran sekolah berakhir. Melalui saluran YouTube STEM, beberapa youtuber perempuan membuat pelajaran sains justru menjadi menyenangkan.

Laman Mashable mengulas beberapa perempuan youtuber yang menampilkan video pelajaran sains terlihat lebih fun. Berikut beberapa video yang bisa menjadi referensi perempuan apabila tertarik dengan sains.

1. Geek Gurl Diaries

Menyadari kurangnya perempuan dalam ilmu komputer, komputer, dan guru, Carrie Anne Philbin lantas memutuskan untuk membuat video tentang coding. Melalui saluran Geek Gurl Diaries, Philbin tak hanya membuat video tutorial tetapi juga wawancara dengan narasumber wanita inspiratif.

Sejak menciptakan Geek Gurl Diaries, Philbin sudah menjabat sebagai Direktur Yayasan Pendidikan Raspberry Pi, yakni lembaga tempat belajar bagi orang-orang yang tertarik mempelajari pemrograman.

Philbin mengatakan, dengan memaparkan karir ilmiah dan teknologi pada generasi muda diharapkan bisa mendorong mereka menemukan hal yang menarik. "Mungkin saja nanti mereka menemukan minat pada bidang yang sebelumnya terabaikan," kata Philbin.

2. Physics Girl

Dianna Cowern membuat sebuah seri digital dalam salurannya Physics Girl. Di dalam video ia melakukan eksperimen dengan gravitasi nol dan kereta listrik yang dibuat sendiri.

Cowern mempunyai latar belakang pendidikan di MIT dan Pusat Harvard Smithsonian untuk Astrofisika. Ia kemudian didorong dengan rasa penasaran berbagi pendidikan. Video Cowern didominasi demonstrasi teori di balik vorteks.

 

3. The Brain Scoop

Youtuber Emiliy Graslie membuat sebuah pelajaran tak biasa dari salurannya. Ia mencoba mengupas di balik layar sebuah artefak museum. Graslie mengajak penontonnya menyelami hal-hal yang terjadi di balik layar University of Montana Zoological Museum.

Sebagai seorang Kepala Koresponden dari museum, Graslie mencoba menjelaskan pentingnya keberadaan museum sejarah. Di dalam chanel, ia mengupas museum secara keseluruhan, mulai dari eksplorasi asal usul spesimen burung langka yang disumbangkan, hingga alasan museum menyimpan sebuah pintu mobil yang sudah berkarat.

 

4. Vintage Space

Sebagian orang mungkin penasaran, apa yang terjadi ketika astronot ingin melakukan buang air besar? Cara NASA mengambil foto Neil Armstrong di bulan juga masih menjadi pertanyaan besar. Namun youtuber perempuan Ami Shira Teitel punya jawabannya melalui saluran Vintage Space.

Sejarawan dan penulis Spaceflight ini menjelaskan mengenai 'keanehan sejarah di luar angkasa'. Ia mendedikasikan dirinya dalam menceritakan sejarah yang berada di bali luar angkasa. Bahkan jika ada hubungan antara kehidupan modern dan masa lalu di luar angkasa, dia akan menemukannya dan membahasnya.

 

5. Bite Sci-Zed

Alex Dainis merupakan kandidat PhD di Stanford University. Ia kemudian menjalankan chanel youtube bernama Bite Sci-Zed karena kecintaannya akan genetika.

Di dalam salurannya, Dainis mewawancrai banyak ilmuwan. Ia membongkar berbagai teori rumit sehingga seseorang yang tanpa gelar sains bahkan bisa memahaminya. Dainis juga tak keberatan menjawab seputar pertanyaan di dalam programnya.

Dainis juga membagi kehidupannya sebagai seorang mahasiswi pascasarjana. Ia berbagi tur lab video, mendiskusikan logistik, hingga menghadapi eksperimen di depan para peneliti.

 

6. Msbeautyphile

Membeli produk kecantikan memberikan pengalaman luar biasa. Selain mencari tahu produk terbaik, kandungan di dalam produk juga harus dipahami. Saluran Msbeautyphile milik Trina Espinoza mencoba mengulas bahan-bahan kimia rumit yang terdapat pads produk kecantikan.

Misalnya, mencari tabir surya dengan kandungan yang dibutuhkan, atau tentang cara kerja air misel. "Saya yakin, kalian tidak butuh gelar PhD untuk mengerti bahan kimia yang terdapat di produk kecantikan," kata Espinoza di dalam siarannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement