Sabtu 28 Jul 2018 07:13 WIB

Peneliti Sebut Melahirkan Buat Wanita Tambah Menua

Setiap melahirkan, studi menyebut perempuan dua tahun lebih tua dari usia sebenarnya

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak ibu yang akan mengatakan, melahirkan membuat cepat tua. Pernyataan itu bukan hanya sekadar perasaan saja, penelitian telah membuktikan kebenarannya. 

Penelitian yang dilakukan ilmuwan di Northwestern University, Illinois, menemukan kalau penuaan wanita salah satunya disumbang dari tekanan kelahiran anak. Setiap melahirkan biasanya mereka dua tahun lebih tua dari usianya. 

Berarti, semakin banyak anak yang dimiliki wanita, semakin pendek harapan hidupnya. Studi yang dilakukan pada lebih dari 3.200 wanita berusia 20 hingga 22 tahun di Filipina, menemukan setiap kelahiran memiliki efek merusak pada tingkat sel. Ibu dengan beberapa anak akan membuat usia meningkat setengah tahun hingga dua tahun setiap kali melahirkan. 

Studi itu melihat dua penanda penuaan sel, panjang telomer dan usia epigenetik. Keduanya secara independen memprediksi kematian.

"Kedua [penanda] 'lebih  tua' muncul pada wanita yang memiliki lebih banyak kehamilan dalam sejarah reproduksi mereka. Bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi penuaan sel, jumlah kehamilan masih keluar di atas," ujar Penulis utama Calen Ryan, dikutip dari Dailymail, Jumat (27/7).

Laporan yang telah diterbitkan di Scientific Reports menyatakan, perubahan sel selama kehamilan mungkin terkait dengan perubahan adaptif dalam sistem kekebalan ibu. Mereka sekarang melakukan studi lanjutan pada wanita, yang melakukan pengukuran pertama mereka pada tahun 2005, untuk melihat apakah sel mereka masih tampak lebih tua di kemudian hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement