Sabtu 21 Jul 2018 01:50 WIB

TCASH Bisa Dinikmati Lintas Operator Telekomunikasi

Aplikasi TCASH telah mendapat izin resmi dari Bank Indonesia

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Layanan TCash
Layanan TCash

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan uang elektronik Telkomsel, TCASH sekarang bisa digunakan seluruh masyarakat Indonesia yang menjadi pengguna seluruh operator telekomunikasi. CEO TCASH, Danu Wicaksana mengatakan ini berarti layanan TCASH dapat digunakan untuk semua transaksi nontunai dengan mudah, aman, dan cepat, kapan dan di mana saja, oleh pengguna operator mana saja tanpa terkecuali.

"Kami berkomitmen memberi akses yang sama kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk layanan TCASH, khususnya pengguna smartphone yang belum memiliki akun bank," katanya dalam rilis tertulis kepada Republika, Jumat (20/7).

Aplikasi TCASH telah mendapat izin resmi dari Bank Indonesia untuk dapat digunakan seluruh masyarakat tanpa dibatasi pilihan operator telekomunikasi. Harapannya, kata Danu ini bisa memaksimalkan jangkauan pelanggan ke pelosok negeri.

"Hingga akhir 2018 kami menrgetkan 40 juta pelanggan TCASH dari seluruh lapisan masyarakat mengunduh aplikasi yang sekarang sudah lebih dari delapan juta kali unduhan," ujar Danu.

Pelanggan lintas operator cukup mengunduh aplikasi TCASH Wallet dan mendaftarkan nomor ponsel mereka. Untuk layanan penuh, pelanggan bisa langsung mengupgrade akun TCASH dengan fitur electronic-Know Your Customer (e-KYC) melalui video call dengan TCASH agent melalui ponsel tanpa perlu datang ke Grapari terdekat.

Danu memaparkan ada beberapa layanan unggulan yang bisa dinikmati pelanggan lintas operator. Pertama, layanan pembelian pulsa dan data dari berbagai operator telekomunikasi yang tersedia hingga ke denominasi kecil dengan harga terbaik. Secara otomatis, aplikasi TCASH akan mendeteksi operator telekomunikasi pelanggan, sehingga mereka dapat dengan mudah dan cepat memilih paket pulsa dan data yang diinginkan.

Kedua, fitur pengiriman dana antar pengguna (peer-to-peer transfer), dimana pelanggan dapat berbagi uang TCASH dengan mudah ke sesama pengguna, tanpa terbatas operator telekomunikasi apapun. Mereka pun dapat mengirimkan dana ke rekening bank manapun ataupun ke akun pengguna TCASH lainnya secara instan, aman dan handal selama 24 jam sepekan.

Ketiga, transaksi SNAP Kode QR, yang dapat digunakan dalam berbagai transaksi, termasuk pembelian di sekitar 10 ribu merchant outlets TCASH yang sudah memanfaatkan Kode QR. Mereka bahkan bisa berdonasi digital di Kencleng TCASH pada beberapa masjid.

Layanan lainnya adalah pembayaran tagihan PDAM, BPJS, listrik, dan internet. Ada juga pembayaran transportasi, seperti pembelian kereta bandara Railink di Soekarno-Hatta Cengkareng dan Kualanamu Medan, BRT Semarang, dan taksi Bluebird; pembelian micro insurance Sun Life; hingga pembelian BBM secara non-tunai di lebih dari 60 SPBU Pertamina.

"Harapan kami bisa menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi, mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT), dan mewujudkan less-cash society yang dicanangkan pemerintah,” kata Danu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement