Kamis 19 Jul 2018 19:48 WIB

Blibli.com Jaring Wirausaha Pemula Lewat TBS Season 3

Ajang TBS Season 3 ini akan memperebutkan total uang tunai Rp 1,1 miliar

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Blibli.com
Foto: istimewa
Blibli.com

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Blibli.com menggelar kompetisi pencarian pengusaha terbaik Indonesia bertajuk 'The Big Start Indonesia (TBS)'. Perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) ini mengaku ingin terus mengembangkan wirausaha baru di Indonesia. 

PR & Community Manager Blibli.com, Christine Hartati mengatakan TBS menjadi ajang kompetisi besar menjaring para anak muda dan kreatif untuk menciptakan peluang ekonomi lewat wirausaha. Tak tanggung-tanggung, ajang TBS yang memasuki Season 3 ini akan memperebutkan total uang tunai sebesar Rp 1,1 miliar.

"Blibli sebagai penyelenggara melihat program TBS menjadi ajang yang sangat penting untuk terus diadakan sebagai sarana bagi para pengusaha kreatif muda untuk mewujudkan komitmen mereka dalam berbisniss serta membuktikan kepada masyarakat akan kecintaan dan semangat untuk terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis yang pastinya memiliki peluang besar untuk berhasil di pasar lokal," katanya kepada wartawan di Cihampelas Walk, Kamis (19/7).

Christine mengungkapkan, memasuki tahun ketiga penyelenggaraan TBS, pihaknya memilih Bandung menjadi kota pertama  karena dari event-event  tahun sebelumnya selalu menemukan banyak sekali  pengusaha kreatif di Bandung dan sekitarnya. Selain keunikan  produk, para pengusaha lokal memiliki kekhasan dalam gaya mengkomunikasikan atau memasarkan produknya.

Selain itu, pengusaha lokal Bandung dikenal inovatif dalam mengemas  produk yang mereka punya agar dapat diterima pasar khususnya pangsa pasar anak muda. Ia mengatakan Blibli.com sebagai e-commerce lokal berupaya memberikan  komitmen penuh dalam membantu menciptakan ruang bagi pengusaha kreatif muda.

Sehingga mendapatkan kesempatan mengembangkan bisnis mereka secara profesional."Melihat antusiasme dari para pengusaha kreatif untuk ikut serta dalam kompetisi ini yang terus meningkat pastinya ke depan Blibli.com akan terus memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan kompetisi seperti ini," ujarnya.

Bagi para pengusaha kreatif yang ingin ikut serta dalam kompetisi TBS Season 3, lanjutnya, ada  sejumlah persyaratan diantaranya pengusaha asli Indonesia berusia 18-45 tahun yang memiliki ketagori modal  usaha kecil menengah, produk berjenis  kuliner, fesyen, kosmetik atau kecantikan dan kriya yang dikembangkan sendiri. 

Dia menargetkan ada 15 ribu peserta yang akan ikit berkompetisi dari seluruh Indonesia pada tahun ini. Nantinya akan terpilih 4 pengusaha kreatif muda Indonesia di Season 3  yang akan memperebutkan posisi juara dan total uang tunai sebesar Rp 1,1 miliar.

Christine menyebutkan program ini dimulai dengan dilakukannya rangkaian roadshow ke 5 kota besar di Indonesia yakni Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Jakarta. Kota Bandung menjadi kota perdana yang dikunjungi TBS dari tanggal 20 hingga 22 Juli yang akan diselenggarakan di Cihampelas Walk.

Menurut Christine, aktifitas  roadshow tahun ini akan menghadirkan konsep baru  dengan memuat unsur lokal yang lebih kental dan sekaligus lekat dengan generasi muda seperti hadirnya pop up market, perbincangan dengan narasumber yang telah sukses sebagai pengusaha dalam usia muda dari masing-masing kota (local heroes), praktisi dan pemenang TBS tahun-tahun sebelumnya.

Sr. Brand Strategy Manager Blibli.com, Maria Hermina menambahkan pada TBS Indonesia Season 3 ini juga ada kejutan spesial bagi para peserta yang berhasil menembus babak final. Nantinya akan dibuat kolaborasi membuat produk khusus antara peserta dengan pengusaha sukses.

"Tahun ini ada special project kami mengajak pengusaha yang sukses untuk bekerjasama dengan produk lokal akan kami pertemukan dan berkolaborasi membuat sebuah produk yang khusus ditampilkan dalam The Big Start Season 3," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement