Rabu 27 Jun 2018 13:00 WIB

Apple Luncurkan Aplikasi Gratis Schoolwork untuk Guru

Schoolwork memungkinkan para guru gunakan iPad untuk mendistribusikan tugas

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Apple Schoolwork
Foto: apple.com
Apple Schoolwork

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple meluncurkan aplikasi gratis bernama Schoolwork untuk membantu para guru di sekolah. Inovasi baru berbasis penyimpanan awan (cloud) itu pertama kali diperkenalkan dalam acara edukasi Apple di Chicago, AS, Maret silam.

Schoolwork memungkinkan para guru menggunakan iPad di ruang kelas untuk membuat dan mendistribusikan modul atau tugas. Guru bisa berkolaborasi dan mengarahkan para siswa langsung ke pelajaran tertentu via aplikasi.

Dengan kemampuan menetapkan tugas, guru dapat secara berkala melacak kemajuan seluruh siswa dengan mudah. Kegiatan belajar juga dapat memanfaatkan App Store Apple yang memiliki banyak aplikasi edukatif yang sesuai bagi siswa.

Apple menambahkan aspek privasi pada Schoolwork sejak kali pertama diperkenalkan. Pihak sekolah atau guru dapat membuat dan mengontrol sendiri akun yang digunakan para siswa. Aktivitas mereka tetap dalam sistem dan tidak diakses oleh Apple.

Privasi menjadi nilai jual utama produk yang belakangan dihadirkan Apple. Selain Schoolwork, iPad khusus sekolah bersama perangkat lunak Classroom dan pembaruan aplikasi Swift Playgrounds juga diperkenalkan di acara Chicago.

Schoolwork dirancang untuk digunakan bersama aplikasi Classroom yang tersedia pada iPad dan Mac. Meski bisa diakses cuma-cuma, harga iPad yang menjadi sarananya dibanderol cukup mahal, yaitu 299 dolar AS atau Rp 4,2 jutaan.

Upaya Apple merambah ke dunia pendidikan bersinggungan dengan keberhasilan Google memenangkan pasar dengan Chromebooks. Perangkat itu diprediksi memiliki hampir 60 persen pangsa pasar di ruang kelas, dikutip dari laman Tech Crunch.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement