Kamis 21 Jun 2018 12:02 WIB

Instagram Sentuh Angka Satu Miliar Pengguna

CEO Instagram tidak menyangka penggunanya capai satu miliar.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Instagram.
Foto: EPA
Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram baru saja mengumumkan pencapaian barunya. Di pertengahan 2018 platform berbagi foto dan video ini telah meraih angka satu miliar pengguna. Statistik tersebut dirilis bersamaan dengan peluncuran fitur baru IGTV pada Rabu (20/6).

Dengan torehan satu miliar pengguna, Instagram telah bergabung dengan klub aplikasi prestisius lain yang sudah lebih dulu mencatatkan rekor. Facebook, WhatsApp, Google Chrome, dan Youtube adalah sederet aplikasi yang sudah menjaring satu miliar pengguna sebelum Instagram.

Di kuartal pertama 2018 Facebook selaku induk Instagram mencatatkan 2,19 miliar pengguna aktif. Sementara itu kompetitor Instagram yakni Snapchat baru berhasil menjaring 100 juta pengguna aktif per bulan dari seluruh dunia.

Baca juga: Instagram Luncurkan Aplikasi Video Pesaing Youtube

"Ini menakjubkan dan tidak pernah kupikirkan sebelumnya. Capaian tersebut tidak akan mungkin tanpa bantuan kalian semua," kata CEO Kevin Systrom dilansir dari Business Insider.

The Verge melaporkan Instagram baru memiliki 800 juta pengguna pada September tahun lalu. Artinya dalam waktu kurang dari setahun penambahan pengguna mencapai angka 200 juta.

Kendati demikian masih belum diketahui dari mana sumbernya ratusan pengguna baru tersebut. Tahun lalu, pertumbuhan Instagram ditopang oleh kemunculan fitur Story. Setelah itu, Instagram semakin memperkaya Story dengan adanya GIF, emoji slider, dan polling.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement