Jumat 18 May 2018 13:08 WIB

Antisipasi Traffic Mudik, Indosat Lakukan Uji Jaringan

Uji coba jaringan dilakukan di salah satu jalur mudik, yaitu Semarang-Demak-Kudus.

Rep: melisa riska putri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Modernisasi jaringan Indosat
Foto: indosat
Modernisasi jaringan Indosat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indosat melakukan uji jaringan telekomunikasi di jalur dan kota tujuan mudik. Hal ini untuk menunjukkan kualitas sinyal dan coverage, sekaligus kecepatan akses data di jalur dan kota mudik yang terpadat di Jawa Tengah.

Uji coba jaringan dilakukan di salah satu jalur mudik dan kota tujuan mudik di Jawa Tengah, yaitu jalur Semarang-Demak-Kudus.

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Dejan Kastelic mengatakan, uji jaringan ini untuk menunjukkan secara langsung kondisi kualitas sinyal dan kecepatan akses data yang bisa dinikmati pelanggan, khususnya selama masa Ramadhan dan kegiatan mudik di salah satu jalur pantura terpadat tersebut. Guna mendukung kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi masyarakat, Indosat Ooredoo melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center jaringan, serta berbagai paket khusus Ramadhan dan Lebaran bagi pelanggan.

"Kami yakin bahwa dengan menggelar tambahan infrastruktur dan sumber daya, akan dapat menjamin pelanggan merasakan pengalaman yang lebih baik ketika berkomunikasi dengan sanak keluarga dan teman selama masa-masa tersebut," katanya melalui siaran pers, Kamis (17/5).

Dalam beberapa bulan terakhir, Indosat telah melakukan refarming frekuensi 1800 MHz dan mengaktivasi spektrum baru di 2100 MHz untuk mendukung cakupan 4G dan menghadirkan kecepatan lebih di wilayah-wilayah penting. Tim teknis jaringan Indosat juga akan memonitor site-site penting dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk memastikan pelanggan merasakan performa jaringan secara optimal.

Ia menambahkan, provider akan mengantisipasi peningkatkan traffic telekomunikasi selama Ramadhan, mudik, dan perayaan Lebaran dengan menyiapkan kapasitas jaringannya, baik untuk data, suara, maupun SMS.

Kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 11.394 Tera Byte per hari, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang per hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 miliar SMS per hari.

"Kedua kapasitas ini juga sudah disiapkan melampaui dari prediksi traffic tertinggi yang mungkin terjadi," ujarnya.

Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring, bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan.

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus. Selain itu, juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan, seperti mengunduh atau download, live streaming, YouTube dan video call. Hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rutedrive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering. Dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39,74 Mbps dengan rata-rata kecepatan download 8,09 Mbps.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement