Kamis 03 May 2018 08:12 WIB

Studi: Kuda Paham dan Ingat Emosi Manusia

Kuda bisa mengingat emosi manusia dari raut wajahnya.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kuda. Ilustrasi
Foto: Republika/Andrian Saputr
Kuda. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian dari University of Sussex dan University of Portsmouth menemukan fakta baru mengenai kuda. Hewan yang kerap dimanfaatkan tenaganya ini ternyata bisa mengenali dan mengingat wajah manusia. Bahkan kuda juga bisa mengingat emosi manusia dari raut wajahnya.

"Kami menemukan bahwa kuda tidak hanya membaca ekspresi manusia tapi juga mengingat emosi seseorang saat terakhir bertemu. Hal yang paling krusial adalah kuda bisa menyesuaikan diri," ungkap Karen McComb, profesor di University of Sussex dilansir dari People.

Fakta yang ditemukan dalam studi ini didapat setelah diadakan sejumlah eksperimen di mana kuda-kuda ditunjukkan beberapa foto wajah manusia. Orang dalam foto-foto tersebut memperlihatkan berbagai ekspresi seperti senang atau marah. Setelah itu, kuda-kuda dipertemukan langsung dengan orang dalam foto. Orang itu mendekati kuda dengan ekspresi wajah netral.

Para peneliti menemukan mereka yang dipotret dengan ekspresi wajah negatif akan lebih diperhatikan oleh kuda. Hal ini nampak dari gerakan mata kuda.

Kuda cenderung memandang orang itu dengan mata kiri yang terhubung dengan otak kanan. Bagian otak inilah yang bertanggung jawab atas munculnya perilaku mengancam. Orang-orang yang difoto dengan ekspresi marah juga kerap dipandang kuda dengan mata kiri.

"Kami tahu kuda adalah hewan yang pandai. Namun ini pertama kalinya ada mamalia yang menunjukkan perilaku spesifik," ungkap peneliti dari University of Portsmouth, Leanne Proops.

Para ilmuwan pun merasa terkesan dengan kemampuan kuda yang menunjukkan perilaku berdasarkan ekspresi orang yang tidak punya hubungan apapun sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement