Rabu 09 May 2018 07:05 WIB

Google Assistant, Asisten Digital Terpintar

Google Assistant memberi tanggapan terbanyak dan respons paling akurat.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Ani Nursalikah
Teknologi kecerdasan buatan Google, Google Asisstant.
Foto: Reuters
Teknologi kecerdasan buatan Google, Google Asisstant.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Selama dua tahun berturut-turut, agensi pemasaran digital Stone Temple menemukan, Google Asisstant merupakan asisten digital paling cerdas di pasaran. Hasil ini didapatkan Stone Temple setelah mengajukan sekitar 5.000 pertanyaan untuk mencari tahu asisten digital mana yang paling cerdas dan Google keluar sebagai pemenang.

Dilansir di Digital Trends, Ahad (29/4), agensi ini mengajukan pertanyaan yang sama ke Alexa (Amazon), Siri (Apple) dan Cortana (Microsoft). Google Assistant memberikan tanggapan terbanyak dan respons paling akurat dibanding lainnya.

Stone Temple juga mencatat, Google Assistant lebih akurat pada ponsel cerdas dibandingkan pada Google Home. Berada pada peringkat kedua adalah Cortana dan diikuti Alexa. Sayangnya, untuk Apple, Siri berada di posisi paling belakang dalam hal jawaban dan akurasi.

Sementara kecerdasan buatan Google menjadi terpintar, asisten digital tidak mengalami perbaikan dibandingkan survei tahun lalu. Di sisi lain, Alexa, memiliki peningkatan paling signifikan. Jawaban Alexa meningkat dari 19,8 persen menjadi 53 persen. Meski akurasinya sedikit menurun, daya ingat Alexa lebih baik.

Cortana sebenarnya merupakan satu-satunya asisten digital yang mengalami peningkatan dari segi akurasi dibandingkan tahun lalu. Dalam tes Stone Temple sebelumnya, Cortana menerima skor akurasi 86 persen. angka tersebut naik menjadi 92,1 persen pada tes tahun ini.

Perwakilan Microsoft merasa bangga dengan kerja berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas Cortana. "Kami semangat menantikan pertumbuhan berkelanjutan dari segi fungsi dan ketersediaan di seluruh perangkat dan platform di masa depan," ujarnya.

Dalam memilih asisten digital terpintar, Stone Temple mempertimbangkan jawaban yang 100 persen benar dan lengkap. Semuanya harus dijawab sepenuhnya dan langsung. Tapi, ada beberapa cara di mana asisten digital bisa gagal.

Salah satunya, ketika sebuah pertanyaan memiliki jawaban berbeda seperti pertanyaan tentang kecepatan jaguar yang bisa dipersepsikan sebagai binatang atau mobil. Dalam kasus ini, asisten mungkin telah memberikan jawaban tepat tapi belum tentu yang dicari Stone Temple.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement